Follow Us

Penyebarannya 5 Kali Lebih Cepat dari Varian Delta, Varian Omicron Ditemukan di India dengan Satu Kasus Pasien yang Tak Punya Riwayat Perjalanan, Negeri Barata di Buat Ketar-Ketir dengan Ancaman Gelombang Ketiga Covid-19

Nadia Fairuz Ikbar - Sabtu, 04 Desember 2021 | 20:02
Situasi pandemi Covid-19 di India
The Straits Times

Situasi pandemi Covid-19 di India

GridStar.ID - Penyebaran covid-19 varian Omicron terus meluas ke berbagai negara, dan berpotensi menjadi ancaman besar bagi dunia.

Dengan kecepatan penularan yang disebut 500 persen, atau lima kali lipat dari covid-19 varian Delta, virus asal Afrika bagian selatan itu kini tercatat sudah terdeteksi di 30 negara.

Bahkan banyak negara sudah mendeteksi adanya varian tersebut menyerang warga-warganya.

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu, Virus Corona Varian Omicron Mampu Menginfeksi Penyitas Covid-19, Satgas Minta Masyarakat Lakukan Hal Ini

Salah satunya yang sedang sangat khawatir adalah India.

Kemunculan varian Omicron di Negara Bagian Karnataka, dengan satu kasus tidak memiliki riwayat perjalanan baru-baru ini, telah menimbulkan kekhawatiran akan gelombang infeksi Covid-19 ketiga di India.

Dikutip Gridhot dari Kontan, beberapa ahli epidemiologi mengatakan, varian Omicron bisa kurang mematikan di India dibanding gelombang Delta karena infeksi dan vaksinasi sebelumnya yang meluas.

Baca Juga: Muncul Varian Corona Baru Omicron, Ini Alasan yang Buat Para Peneliti Khawatir, Ada Mutasi yang Tak Biasa

"Institusi perawatan kesehatan di seluruh negeri kekurangan tenaga kerja dokter residen yang memadai, dengan belum ada penerimaan pada tahun ini," ungkap Federasi Asosiasi Dokter Residen India, yang mewakili puluhan rumahsakit pemerintah, mengatakan dalam sebuah surat kepada menteri kesehatan, seperti dikutip Reuters.

"Dengan kemungkinan gelombang pandemi COVID-19 di masa depan yang membayangi, situasinya akan menjadi bencana bagi sektor perawatan kesehatan," kata Federasi Asosiasi Dokter Residen India.

India merupakan salah satu negara dengan rasio dokter-pasien terburuk di dunia.

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu! Waspada, Virus Covid-19 Omicron Lebih Berbahaya dari Varian Sebelumnya, Ahli Khawatirkan Hal Ini saat Tahu Faktanya

Source : Tribunjateng.com, GridHot.ID

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Baca Lainnya

Latest