Follow Us

Tak Perlu Repot Lagi, Cukup dari Rumah Kita Bisa Cetak Kartu Keluarga dan Dokumen Kependudukan Sendiri, Ini Caranya!

Hinggar - Jumat, 08 Oktober 2021 | 08:00
Dokumen kependudukan  yang bisa dicetak sendiri
instagram

Dokumen kependudukan yang bisa dicetak sendiri

GridStar.ID - Dokumen kependudukan menjadi salah satu dokumen yang penting dimiliki oleh masyarakat saat ini.

Saat ini dokumen seperti akta kelahiran, kartu keluarga, akta kematian dan yang lainnya bisa dicetak secara mandiri.

Dokumen tersebut bisa dicetak menggunakan kertas putih polos jenis HVS A4 80 gram dari mesin printer di rumah atau tempat lainnya.

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu! Ternyata Foto KTP Elektronik Bisa Diganti, Tak Perlu Pengantar RT dan RW, Ini Syarat dan Ketentuannya!

Sehingga apabila dokumen tersebut hilang, Anda tidak perlu repot-repot lagi mendatangi kantor dukcapil terdekat hanya untuk mengurus semua dokumen kependudukan tersebut.

Meski hanya dicetak di selembar kertas dan tidak seperti sebelumnya yang menggunakan jenis kertas security printing berhologram antipemalsuan, dokumen itu tetap memiliki kekuatan hukum.

Cara cetak KK dan akta kelahiran di rumah Dikonfirmasi Kompas.com, Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh membenarkan informasi tersebut.

Baca Juga: Mulan Jameela Bikin KTP Baru Gegara Foto Istri Ahmad Dhani Dulu Tak Berhijab, Apa Saja Syaratnya?

Zudan mengatakan, masyarakat yang berkeinginan mencetak dokumen kependudukan sendiri dapat mengajukan permohonan secara online atau langsung mendatangi kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) setempat.

Setelah itu, pihak Dukcapil akan mengirimkan data tersebut melalui alamat e-mail atau nomor WhatsApp yang didaftarkan.

“Bisa (mencetak dokumen kependudukan sendiri), jadi masyarakat harus mengajukan permohonan secara online (atau datang langsung ke kantor setempat), nanti masyarakat menyerahkan nomor handphone atau alamat e-mail,” kata Zudan saat dihubungi Kompas.com, Rabu (6/10/2021).

Source : Kompas.com

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

Latest