Follow Us

Heboh, Dokter Tiongkok Sebut Vaksin Sinopharm Punya 73 Efek Samping, Jokowi Jamin Vaksin Covid-19 yang Bakal Digunakan di Indonesia Aman

Rahma - Selasa, 12 Januari 2021 | 11:31
Vaksin Sinopharm bakal diperbolehkan digunakan di Inggris
ShutterStock

Vaksin Sinopharm bakal diperbolehkan digunakan di Inggris

GridStar.ID - Seorang dokter di China menuai sorotan usai menyebut vaksin Covid-19 dari Sinopharm merupakan vaksin yang paling tidak aman di dunia.

Dokter yang diketahui bernama dr Tao Lina ini merupakan pakar vaksin asal Shanghai.

Ia menyebutkan di media sosial miliknya bahwa Vaksin Sinopharm memiliki 73 efek samping.

Baca Juga: Duh! Tak Semua Orang Bisa Disuntik Vaksin Covid-19, Kondisi Ini yang Membuat Mereka Tak Bisa Mendapatkannya, Apa Saja?

Setelah pernyataan yang kontroversial tersebut viral hingga sapai ke media asing, Dr Tao lantas meralat ucapannya dan menuding media telah memutarbalikkan perkataannya.

Terkait hal tersebut, timbul keresehan di kalangan masyarakat mengenai kemanan vaksin Covid-19 Sinopharm.

Terlebih di awal tahun 2021 ini pemerintah berencana akan segera memulai program vaksinasi Covid-19.

Baca Juga: Raffi Ahmad hingga Bunga Citra Lestari Disebut Jadi Penerima Vaksin Covid-19, Begini Kata Manajer Mereka

Untuk itu Presiden Joko Widodo menjamin jika vaksin yang akan digunakan aman hal ini karena vaksin Covid-19 telah melalui serangkaian proses pengujian.

"Sekali lagi ini saya tegaskan bahwa vaksinasi Covid-19 yang akan digunakan di Indonesia adalah vaksin yang telah diuji melalui penelitian di berbagai negara, terbukti aman," kata Jokowi saat memberikan sambutan virtual dalam HUT PDI-P ke-48, Minggu (10/01) seperti dikutip dari kontan.co.id.

Jokowi juga memastikan jika vaksin yang digunakan telah mendapat izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Source : Gridhype.id

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Baca Lainnya

Latest