Follow Us

Selalu Digunakan Sebagai Pembungkus Nasi, Peneliti Ungkap Bahaya di Balik Penggunaan Kertas Minyak: Efek Kronisnya Bisa Menghambat Kesuburan

Tiur Kartikawati Renata Sari - Rabu, 23 Desember 2020 | 09:02
Bahaya kertas nasi bisa menghambat kesuburan
Kolase TribunTimur.com

Bahaya kertas nasi bisa menghambat kesuburan

GridStar.ID - Selama ini, kertas minyak kerap digunakan secara umum untuk membungkus nasi dan aneka makanan.

Selain harganya yang relatif murah, penggunaan kertas minyak juga praktis.

Namun, ternyata penggunaannya perlu diwaspadai loh.

Baca Juga: Keluarga Sehat, Rajin Konsumsi Apel Bisa Hindari Penyakit Kanker

Pakar toksikologi kimia mengatakan bahwa kertas berwarna cokelat tersebut ternyata mengandung zat kimia berbahaya bagi kesehatan manusia.

Dilansir Grid.ID dari Tribun Pontianak, kertas nasi mengandung bisphenol A atau BPA, yang memiliki bahaya tersendiri bagi kesehatan tubuh.

Diketahui BPA sendiri sering digunakan sebagai bahan pembuat wadah atau pembungkus makanan bukan hanya dari plastik, tetapi juga kertas.

Baca Juga: Feby Febiola Dicibir Derita Kanker Ovarium Lantaran Dosa Masa Lalu, Franky Sihombing Bungkam Netizen: Tuhan Spesial, Bisa Bikin Sampah Jadi Harta Berharga

Terkait bahaya penggunaan kertas nasi ini juga sempat dipaparkan oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) di website resminya.

Di mana Peneliti Pusat Penelitian Biomaterial Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Lisman Suryanagara mengingatkan masyarakat supaya berhati-hati dengan kertas nasi dan kertas daur ulang yang dipakai untuk membungkus makanan.

Sebab menurut penelitiannya kertas nasi untuk membungkus makanan seperti untuk nasi goreng, nasi bungkus, atau martabak yang berwarna cokelat itu memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Baca Juga: Bak Ketiban Karma Divonis Kanker Rahim, Feby Febiola Disebut Dapat Hukuman Gegara Rebut Suami Orang, Franky Sihombing Ungkap Hal Ini

Source : GridHits.ID

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

Latest