Follow Us

Vaksin Covid-19 Sudah Datang dan Tinggal Tunggu Izin BPOM untuk Vaksinasi, Kapan Akan Mulai Diberikan?

Hinggar - Sabtu, 12 Desember 2020 | 18:01
Bak Setitik Harapan Baik, Vaksinasi Covid-19 Bakal Segera Dilaksanakan Januari atau Februari 2021 Setelah Persetujuan BPOM, Berikut Ini 6 Kelompok Penerima Vaksin!
Kompas

Bak Setitik Harapan Baik, Vaksinasi Covid-19 Bakal Segera Dilaksanakan Januari atau Februari 2021 Setelah Persetujuan BPOM, Berikut Ini 6 Kelompok Penerima Vaksin!

GridStar.ID - Vaksin Covid-19 merek Sinovac sebanyak 1,2 juta sudah datang ke Indonesia.

Sejauh ini pemerintah menetapkan 6 vaksin yang akan digunakan untuk vaksinasi.

Kini untuk melakukan vaksinasi masih menunggu izin dari BPOM.

Baca Juga: Tak Semua Orang Dapat Gratis, 75 Juta Orang Harus Bayar Vaksin Covid-19 Sendiri, Ini Rincian Lengkap Harga Vaksin

Lalu kapan vaksin tersebut bisa diberikan?

Juru Bicara Vaksin Covid-19 Siti Nadia Tarmizi memperkirakan vaksin mulai bisa diberikan kepada masyarakat pada Februari 2021 setelah mendapatkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari BPOM.

Kepala BPOM Penny Lukito sempat mengatakan izin penggunaan darurat kemungkinan akan diselesaikan pada minggu ketiga atau keempat Januari 2021.

"Insya Allah doakan ya (Februari)," kata Nadia dalam diskusi daring Polemik Trijaya, Sabtu (12/12).

Baca Juga: Ketuk Palu, Pemerintah Tetapkan 6 Vaksin Covid-19 Ini pada Pelaksanaan Vaksinasi di Indonesia, Mulai dari Bio Farma hingga Moderna

Menurut dia, pemerintah butuh persiapan selama dua sampai empat minggu untuk melaksanakan vaksinasi setelah ada izin dari BPOM.

Vaksin Covid-19 yang saat ini disimpan oleh PT Bio Farma harus didistribusikan ke tingkat provinsi, kabupaten/kota, hingga kemudian sampai di fasilitas layanan kesehatan.

Source : Kompas.com

Editor : Hinggar

Baca Lainnya

Latest