Follow Us

BPOM Peringatkan Bahaya Kantong Plastik Untuk Bungkus Daging Kurban, Ini Rekomendasi Wadah Ramah Lingkungan yang Bisa Digunakan

Hinggar - Selasa, 28 Juli 2020 | 13:30
Ciri-ciri daging segar
Kompas

Ciri-ciri daging segar

GridStar.ID - Hari Raya Idul Adha 1441 H akan dilaksanakan pada 31 Juli mendatang.

Pada saat tersebut akan dilakukan penyembelihan hewan kurban kemudian dagingnya akan dibagikan kepada orang sekitar dan mereka yang tidak mampu.

Biasanya panitia kurban akan membungkus daging tersebut dengan kantong plastik.

Baca Juga: Puasa Tarwiyah dan Arafah pada 29-30 Juli Memiliki Keutamaan Bisa Hapus Dosa Selama Setahun, Inilah Niat dan Cara Pelaksanaannya yang Wajib Diketahui!

Namun, penggunaan kantong plastik tersebut berbahaya untuk kesehatan.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pun memberikan peringatan agar tak membungkus daging kurban dengan kantong plastik.

Terlebih lagi, kantong plastik merupakan hasil daur ulang dari plastik.

Baca Juga: Perayaan Idul Adha1441 H Kurang dari Seminggu, Polisi Sebut Tak Ada Larangan Mudik, Tapi Ada Syarat yang Harus Dipatuhi

"Plastik daur ulang tersebut umumnya berasal dari limbah wadah bekas produk pangan, bahan kimia, pestisida, kotoran hewan atau manusia, dan lain-lain. Dalam proses pembuatan juga menggunakan bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan," ujar Kepala BPOM Penny K. Lukito.

Sebagai alternatif, ada beberapa rekomendasi tempat pembungkus yang pastinya ramah lingkungan dan tidak berbahaya untuk daging kurban.

Manager Kampanye Perkotaan dan Energi Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Dwi Sawung menyampaikan ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membungkus daging.

Source : Kompas.com

Editor : Hinggar

Baca Lainnya

Latest