Follow Us

Perempuan Wajib Mengetahui Ini, Perawatan Organ Intim yang Biasa Dilakukan Ternyata Berbahaya untuk Kesehatan, Apa Saja?

Yulia Susanti - Rabu, 08 Juli 2020 | 09:00
Perempuan Wajib Mengetahui Ini, Perawatan Organ Intim yang Biasa Dilakukan Ternyata Berbahaya untuk Kesehatan, Apa Saja?
SHUTTERSTOCK via KOMPAS.com

Perempuan Wajib Mengetahui Ini, Perawatan Organ Intim yang Biasa Dilakukan Ternyata Berbahaya untuk Kesehatan, Apa Saja?

GridStar.ID - Setiap perempuan pasti sagat menjaga kesehatan organ vitalnya.Pasalnya reproduksi perempuan sangat penting dalam hubungan seksual.Selain itu, perkembangan sel telur, menstruasi, kehamilan, hingga proses persalinan.

Baca Juga: New Normal Ada di Depan Mata, Orang Tua Miliki Sejumlah Tantangan di Masa Pandemi Covid-19 dalam Pengasuhan Anak, Kemen PPPA Berikan Tips Untuk HadapinyaPentingnya menjaga kebersihan area kewanitaan, terutama Miss V, didasari dengan banyaknya wanita yang mengalami infeksi pada organ kewanitaan (vaginitis).Terlebih lagi, area kewanitaan yang sensitif ini juga dapat mengalami iritasi pada area sekitar pintu masuknya atau biasa disebut vulva.Maka dari itu, merawat kebersihan organ kewanitaan adalah salah satu hal yang perlu dilakukan oleh para wanita agar terhindar dari infeksi yang mengganggu. Baca Juga: Catat nih! Pakar Kecantikan Bongkar Rahasia Jaga Kulit Wajah Tetap Glowing dan Sehat Selama New Normal, Seperti Apa ya?

Walaupun begitu, tidak semua perawatan Miss V dapat dilakukan. Bahkan, beberapa perawatan organ kewanitaan tertentu bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan wanita. Berikut ini terdapat beberapa perawatan organ kewanitaan yang mungkin perlu Moms hindari karena bisa berdampak buruk terhadap kesehatan.1. DouchingDouching juga disebut-sebut sebagai perawatan organ kewanitaan yang bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan wanita.

Baca Juga: Cocok Dilakukan di Rumah, Ikuti 6 Tips Agar Zumba Lebih Asyik Bersama Anak dan Dapat Maksimal Membakar Kalori!Istilah douching dipakai untuk menggambarkan cara membersihkan bagian dalam organ kewanitaan dengan air atau campuran lainnya.Umumnya, cairan douching yang dijual bebas di pasaran mengandung campuran air, cuka, soda kue, dan yodium.Sejauh ini belum ada studi yang membuktikan manfaat dari teknik mencuci organ kewanitaan yang satu ini.Baca Juga: 5 Kali Keguguran, Dewi Yull Berhasil Cepat Hamil Berkat Terapi Jeruk Nipis 14 Hari, Ini Tips Mudahnya!

Sayangnya, banyak ahli yang berpendapat bahwa douching dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.Pasalnya, membersihkan bagian dalam organ kewanitaan sembarangan bisa mengubah keseimbangan bakteri dan pH asam di dalamnya.Kebanyakan dokter tidak menyarankan wanita melakukan douching karena tubuh secara alami akan membersihkan organ kewanitaan.

Baca Juga: Jadi Duta UNICEF, Siwon Super Junior Bagikan Tips Lindungi Diri dari Virus CoronaApabila Moms merasakan bau atau iritasi yang kuat pada organ kewanitaan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter ketimbang mencucinya sendiri.2. Ratus pada Organ KewanitaanSalah satu perawatan Miss V yang memiliki bahaya bagi kesehatan adalah ratus pada organ kewanitaan.Ratus pada Miss V merupakan cara menjaga kesehatan area kewanitaan yang termasuk konvensional.Baca Juga: Hentikan Kebiasaan Konsumsi Nasi Dingin untuk Sahur, Waspada Bisa Jadi Racun! Coba Ikuti Tips Mudah Ini Supaya Nasi Tetap Hangat dan Tak Cepat Basi

Bagi orang yang melakukan metode ini normalnya akan mengasapi langsung organ intim wanita.Asap yang dihasilkan berasal dari pembakaran ramuan berbagai rempah alami.Lalu, wanita akan duduk di atas kursi yang bagian tengahnya sudah dilubangi agar asap dapat masuk. Perawatan Miss V yang satu ini biasanya berlangsung selama 30 menit.

Baca Juga: Hentikan Kebiasaan Konsumsi Nasi Dingin untuk Sahur, Waspada Bisa Jadi Racun! Coba Ikuti Tips Mudah Ini Supaya Nasi Tetap Hangat dan Tak Cepat BasiSekilas mungkin tidak terlihat berbahaya, tetapi ternyata manfaat dari ratus Miss V ini masih diragukan oleh beberapa ahli.Dilansir dari health.harvard.edu, belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan adanya manfaat dari ratus Miss V.Apabila Miss V terpapar oleh asap atau uap yang panas, keseimbagan pH Miss V bisa terganggu.Baca Juga: Miss Indonesia 2020 Pricilia Carla Yules Buka-bukaan Bongkar Tips Menjaga Kecantikan Diri Mulai Dari Olahraga Harian hingga Skincare Rutin Ala Carla

Akibatnya, risiko vaginitis dan iritasi Miss V pun meningkat.3. WaxingMencabut atau mencukur bulu kemaluan merupakan metode perawatan organ kewanitaan yang paling sering wanita lakukan.Salah satu teknik menghilangkan bulu organ kewanitaan adalah waxing.

Baca Juga: Belum Sah Sudah Bahas Malam Pertama, Ruben Onsu Bakal Beri Ramuan Ini Agar Ivan Gunawan Kuat di Ranjang, Ayu Ting Ting Malah Bingung: Apa Sih Maksudnya?Namun, tahukah ketika melakukan waxing sembarangan dapat berubah menjadi perawatan yang menimbulkan bahaya?Sebenarnya, mencabut dan mencukur bulu kemaluan adalah pilihan pribadi setiap orang, sehingga hal ini memengaruhi manfaatnya bagi setiap orang.Sebagai contoh, beberapa wanita mencukur bulu kemaluan karena merasa lebih nyaman, bersih, dan meningkatkan daya tarik seks.

Baca Juga: Cocok Dilakukan di Rumah, Ikuti 6 Tips Agar Zumba Lebih Asyik Bersama Anak dan Dapat Maksimal Membakar Kalori!Apabila Moms ingin waxing, sebaiknya dilakukan di salon atau spa yang menawarkan fasilitas ini.Dengan demikian, kita dapat lebih berhati-hati dan merasa nyaman karena orang yang melakukannya sudah ahli dalam bidang tersebut. (*)Artikel ini telah tayang di Nakita.id yang berjudul Biasa Dilakukan, Siapa Sangka Perawatan Organ Kewanitaan Ini Ternyata Berbahaya untuk Kesehatan

Source : nakita.grid.id

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular