Follow Us

Sejak Pandemi Covid-19, Seniman TMII Alih Profesi Hingga Jual Bawang Demi Bertahan Hidup: Suami Sakit Saya Rawat Sendiri

Yunus - Rabu, 01 Juli 2020 | 09:15
Situasi pandemi Covid-19 di India
The Straits Times

Situasi pandemi Covid-19 di India

GridStar.ID – Pandemi Covid-19 memang memengaruhi penghasilan banyak orang, termasuk Seniman Tari dan Musik Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Sejak pandemi, para seniman TMII bahkan sampai alih profesi, termasuk menjual bawang demi bisa bertahan hidup.

Bahkan, jika ada yang sakit, sebisa mungkin dirawat sendiri.

Baca Juga: Banjir Order Bikin Sepeda, Pembuatnya Dibuat Bingung Karena Pesanan Sudah Sampai 2022, Hingga Takut Lihat WhatsApp: Dia Khawatir

Seperti dilansir dari Kompas.com, seniman Tari dan Musik TMII diketahui jadwal pentasnya kosong sampai akhir tahun.

"Sudah dipastikan jadwal pentas kami hingga akhir tahun 2020 kosong. Makanya ada yang beralih jadi pedagang mulai dari jualan bawang sampai menjual harta benda miliknya," kata koordinator Seniman Tari dan Musik TMII Armen Suwandi di Jakarta, Selasa (30/6), seperti dikutip Antara.

Hal itu disampaikan Armen di sela kegiatan penyerahan bantuan sembako kepada 150 seniman di Anjungan Riau TMII oleh Kepala Divisi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Mabes Polri Irjen Pol Raja Erisman.

Baca Juga: Sudah Tak Sabar Nonton di Bioskop? Ini Deretan Film yang Siap Diputar Begitu Bioskop Buka, Mulai “KKN di Desa Penari” dan “Sabar Ini Ujian”

Armen mengatakan, kekosongan jadwal pentas terjadi sejak akhir Februari 2020.

Biasanya ratusan anggota Seniman Tari dan Musik TMII rutin menggelar kegiatan pentas minimal sepekan sekali untuk mengisi berbagai acara seremonial di TMII.

Selain itu, kata Armen, sejak 2019 pihaknya juga kerap dilibatkan dalam sejumlah acara kepolisian untuk pentas penyambutan tamu.

Source : Kompas.com

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

Latest