Follow Us

Waspada! Belum Selesai Penanganan Pandemi Virus Corona, Negara di Asia Ini Memiliki Potensi Hadapi Gelombang Kedua, Salah Satunya Indonesia

Hinggar - Senin, 22 Juni 2020 | 20:01
Ilustrasi virus corona
kompas.com

Ilustrasi virus corona

GridStar.ID - Beberapa negara di dunia hingga saat ini dibuat kalang kabut dengan adanya pandemi virus corona.

Bahkan ada banyak negara memiliki kasus positif Covid-19 yang cukup tinggi.

Berbagai langkah pencegahan dilakukan untuk mengurangi potensi virus ini menyebar lebih luas.

Baca Juga: Peneliti Sarankan Memakai Masker, Berhubungan Intim di Tengah Pandemi Covid-19 Rentan Penularan Virus Corona, Menular Lewat Aktivitas Seksual?

Meski telah dilakukan usaha untuk mencegahnya, ada beberapa negara yang masih berpotensi dengan adanya gelombang kedua virus corona.

Beberapa negara di Asia ini memiliki potensi untuk mengalami gelombang kedua virus corona.

Melansir South China Morning Post (SCMP), Minggu (21/06), ada beberapa negara yang dinilai paling berisiko untuk mengalami gelombang kedua atau second wave dari Covid-19.

Baca Juga: Kabar Gembira! Sebanyak 65,2 Persen WNI Pasien Covid-19 yang Berada di Luar Negeri Dinyatakan Sembuh Pada 21 Juni

Presiden Asia-Pacific Society of Clinical Microbiology and Infection, Paul Ananth Tambyah, menyebutkan, negara yang paling berisiko untuk mengalami gelombang kedua Covid-19 adalah negara yang memiliki kasus penularan lokal secara berkelanjutan.

Kasus penularan lokal ini terjadi dalam angka yang cukup tinggi, di kisaran ratusan hingga ribuan kasus per harinya.

"Meskipun bisa dibilang sekarang ini masih ujung dari gelombang pertama, namun ada banyak rantai penularan di berbagai negara yang belum terputus," kata Tambyah.

Source : Kompas.com

Editor : Hinggar

Baca Lainnya

Latest