Follow Us

Penelitian Menemukan, Melalui Latihan Kini Anjing Bisa Mendeteksi Bau Khas Penderita Infeksi Virus Corona Melalui Urine Seseorang

Hinggar - Rabu, 03 Juni 2020 | 12:02
Anjing
www.sciencenewsforstudents.org

Anjing

GridStar.ID - Saat ini tes swab dan PCR menjadi salah satu cara untuk mendeteksi seseorang positif terkena virus corona.

Namun penemuan baru ditemukan di Universitas Helsinki di Finlandia.

Mereka melakukan riset dan menggunakan anjing yang telah terlatih untuk membantu diagnosa medis.

Baca Juga: Bawa Angin Segar! China Sebut Vaksin Virus Corona Ini 99 Persen Efektif Bekerja, Kapan Siap Diproduksi Massal?

Hewan yang dikenal pintar ini dilatih untuk mengenal sidik jari bau virus corona SARS-Cov-2 yang memicu penyakit Covid-19.

Setelah dilakukan riset, hasilnya cukup memuaskan, anjing yang telah dilatih bisa melacak dengan tepat sampel air seni dari pasien covid-19 dan mereka bisa membedakannya dengan air seni dari orang sehat.

Dokter Anna Hielm-Björkman dari fakultas kedoteran hewan Universitas Helsinki menyampaikan bahwa mereka memiliki pengalaman dalam melatih anjing untuk mengenali berbagai penyakit.

Baca Juga: Kabar Baik! 4 Negara ASEAN Umumkan Nihil Kematian Karena Covid-19, Bahkan Pasien Virus Corona di Negara Tetangga Ini Bisa Sembuh 100 Persen!

Meski begitu, mereka cukup kaget dengan kecepatan anjing dalam belajar mengenal penyakit baru itu.

"Tapi sangat fantastis bisa melihat, bagaimana anjing itu dengan cepat belajar mengenali bau penyakit baru tersebut," ujar Hielm-Björkman.

Dalam waktu yang cukup singkat, kini hewan tersebut bisa mengidentifikasi air kencing dari orang terinfeksi SARS-Cov-2 dengan ketepatas seperti tes PCR.

Source : Kompas.com

Editor : Hinggar

Baca Lainnya

Latest