Follow Us

Bak Petir di Siang Bolong, Kekhawatiran Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19: Surabaya Bisa Jadi Wuhan Kalau Tidak Disiplin!

None - Kamis, 28 Mei 2020 | 11:02
Bak Petir di Siang Bolong, (Ilustrasi) Kekhawatiran Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19: Surabaya Bisa Jadi Wuhan Kalau Tidak Disiplin!
Shutter Stock

Bak Petir di Siang Bolong, (Ilustrasi) Kekhawatiran Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19: Surabaya Bisa Jadi Wuhan Kalau Tidak Disiplin!

GridStar.ID - Kekhawatiran Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur, dr Joni Wahyuhadi akan pandemi di Surabaya tampak jelas.

Pasalnya, mayoritas kasus covid-19 Jawa Timur berada di Surabaya.

Sejak Rabu, (27/05) ada 4.112 kasus covid-19 di Jawa Timur, dengan 2.216 kasus di Surabaya.

Baca Juga: Senjata Makan Tuan, Maling Ini Terancam Positif Covid-19 Gegara Tak Sadar Masuk Ruang Isolasi hingga Gasak Ponsel Milik Pasien Virus Corona, Begini Nasibnya!

Adapun Sidoarjo dan Gresik yang termasuk dalam wilayah Surabaya Raya menyumbang masing-masing 565 kasus dan 153 kasus.

Tiga daerah di Surabaya Raya ini menyumbang kasus Covid-19 terbanyak di Jatim.

"65 persen Covid ada di Surabaya Raya. Ini tidak main-main, Surabaya bisa jadi Wuhan kalau warganya tidak disiplin," kata Joni, Rabu.

Baca Juga: Perempuan Ini Dijatuhi Hukuman Penjara Selama 492 Tahun, Namun Hidupnya Berakhir Setelah Ia Terinfeksi Virus Corona

Di Surabaya, ujar pria yang juga menjabat sebagai Dirut RSU dr Soetomo Surabaya ini, transmission rate penyebaran Covid-19 mencapai 1,6.

Artinya, jika ada 10 orang positif Covid-19, dalam sepekan akan bertambah menjadi 16 orang.

"Jadi kita mutlak untuk disiplin, disiplin memakai masker, disiplin physical distancing, disiplin cuci tangan, disiplin hidup sehat," ujar dia.

Source : kompas

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Baca Lainnya

Latest