Follow Us

7 Tradisi Unik yang Hanya Ada di Indonesia saat Momen Idul Fitri, Tanpa Disadari Kebisaan-kebiasaan Ini Sangat Berbeda dari Negara Lain

Yulia Susanti - Minggu, 24 Mei 2020 | 20:15
Hanya Ada di Indonesia, 7 Tradisi Unik saat Lebaran, Beda Banget dari Negara Lain!
Serambinews.com

Hanya Ada di Indonesia, 7 Tradisi Unik saat Lebaran, Beda Banget dari Negara Lain!

GridStar.ID - Hari raya Indul Fitri 1441 Hijriyah akhirnya telah tiba.Hari bahagia ini sangat dinantikan oleh umat islam di dunia.Di momen tersebut, keluarga dan kerabat berkumpul untuk saling bermaaf-maafan.

Baca Juga: Bak Tebal Muka, Ibu-Ibu Penerima Bansos Kepergok Bima Arya Asyik Habiskan Uang Bantuan untuk Belanja Baju Lebaran di Pasar, Wali Kota Bogor: Prihatin Dulu...Selain itu, ada beberapa tradisi unik yang hanya terjadi saat momen Lebaran di Indonesia.Lalu apa saja tradisi tersebut?TribunWow merangkum 7 tradisi unik saat Lebaran yang terjadi di Indonesia:Baca Juga: Pilu! Bocah Berusia 2 Tahun yang Positif Virus Corona Ini Harus Berpisah dari Orang Tuanya untuk Jalani Karantina dan Lebaran Sendirian

1. MudikTradisi mudik (pulang ke kampung halaman) biasanya mulai terjadi seminggu menjelang lebaran.Di momen ini, jalanan dan semua alat transportasi seperti pesawat, kereta api maupun bus akan padat orang yang mudik.Di momen ini biasanya harga tiket transportasi akan melonjak.

Baca Juga: Bak Kebal Corona, Banyak Warga yang Nekat Belanja Baju Lebaran hingga Ngotot Mudik, Bima Arya Ungkap Susahnya Melawan Kultur: Merasa Ini Penyakit Orang KayaPara pemudik pun harus merelakan uang dan waktunya untuk pulang kekampung halaman dan berkumpul dengan keluarga.Saat mudik, biasanya jalanan sangat padat, hingga terjadi kemacetan di berbagai titik jalan.2. Mendapatkan THRTunjangan Hari Raya (THR) tampaknya merupakan salah satu tradisi wajib yang terjadi sebelum Lebaran.Baca Juga: Sempat Menjadi Zona Merah, Kota Ini Bebas Covid-19 dan Akhiri PSBB Jelang Lebaran, Apa yang Dilakukan Pemerintah Daerah Untuk Menangani Covid-19?

Hampir seluruh karyawan mendapatkan THR untuk mudik dan merayakan Lebaran.Dengan uang THR itu biasanya masyarakat Indonesia jadi lebih konsumtif.Banyak yang akan membeli berbagai macam makanan dan membeli pakaian.

Baca Juga: Sempat Menjadi Zona Merah, Kota Ini Bebas Covid-19 dan Akhiri PSBB Jelang Lebaran, Apa yang Dilakukan Pemerintah Daerah Untuk Menangani Covid-19?Tradisi memberi dan menerima uang juga biasa terjadi dalam keluarga ataupun tetangga.Orang-orang yang telah bekerja biasanya membagi-bagi Fitrah (amplop uang) pada anak-anak dan orang tua.3. Takbir KelilingTradisi ini biasanya dilakukan pada malam sebelum lebaran.Baca Juga: Masih Nekat Mudik Lebaran? Harus Siap Kehilangan Pekerjaan dan Tak Bisa Usaha di Ibukota Meski punya KTP DKI Jakarta

Bocah, remaja, ataupun orang dewasa akan melakukan takbir keliling.Banyak diantaranya berjalan kaki membawa obor dan bedug namun banyak juga yang menaiki mobil pick-up hingga truk.Bahkan tak jarang mereka akan melakukan beragam aktraksi menarik untuk memeriahkan lebaran.

Baca Juga: LAPAN: InsyaAllah Lebaran 24 Mei 2020, Sidang Isbat Digelar Hari Ini!4. Berziarah ke makamJelang lebaran biasanya banyak yang melakukan ziarah ke makam keluarga atau sanak saudara yang telah tiada.Orang-orang akan membersihkan makam dan mendoakan sanak saudara mereka.Tradisi ini tak hanya dilakukan jelang lebaran namun juga setelah lebaran bahkan di awal penyambutan bulan puasa.Baca Juga: 4 Hal Ini Wajib Dihindari dalam Pembuatan Ketupat Agar Tidak Cepat Lembek dan Basi saat Disajikan Makan Bersama Keluarga di Momen Lebaran

Kebiasaan ini selalu dilakukan oleh orang Indonesia saat Lebaran5. Makanan enak dan aneka kueMomen lebaran identik dengan makanan enak.Ada banyak masakan lezat yang dimasak untuk dihidangkan pada keluarga atau kerabat yang berkunjung.

Baca Juga: Usai Lebaran, Anies Baswedan Masih Tutup Akses ke Jakarta, PSBB Bakal Diperpanjang hingga 4 Juni 2020!Tak hanya masakan, beraneka kue kering pun disajikan untuk menjamu mereka.Sirup tak ketinggalan, menjadi minuman wajib saat berlebaran bersama keluarga.6. Menyantap KetupatKetupat merupakan satu menu wajib yang disantap saat lebaran.Baca Juga: Kerabat Ngotot Ingin Bertamu saat Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19, Psikolog Beberkan Cara Terbaik untuk Menolak Kunjungan Tamu Agar Tidak Tersinggung

Kita kerap menyantap nasi yang dibungkus daun kelapa ini dengan berbagai sayur dan lauk.Biasanya sayur yang dihidangkan bersantan dan berlemak tinggi.Jadi jangan kaget jika berat badanmu naik kerena berbagai santapan lebaran.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Kenali 6 Ciri Daging Sapi Busuk, Agar Tak Tertipu!7. Mengirimkan ParcelSaling mengirimkan parcel kepada sanak saudara, tetangga, kerabat maupun rekan bisnis menjadi kebiasaan yang sering dilakukan menjelang lebaran.Selain untuk menjalin tali silaturahmi, parsel beserta ucapan memang diberikan untuk menghargai orang lain dan membagikan rezeki yang telah kita terima. (*)Artikel ini telah tayang di Serambinews.com yang berjudul Hanya Ada di Indonesia, 7 Tradisi Unik saat Lebaran, Beda Banget dari Negara Lain!

Source : serambinews.com

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

Latest