Follow Us

Dicap Jadi Biang Kerok Pandemi Corona, Presiden China Janji Beri Bantuan Internasional dan Vaksin Covid-19 Secara Global Bila Tersedia

Nadia Fairuz Ikbar - Selasa, 19 Mei 2020 | 16:02
Jadi Biang Kerok Pandemi Corona, Presiden China Janji Beri Bantuan Internasional dan Vaksin Covid-19 Secara Global Bila Tersedia
Kompas Internasional

Jadi Biang Kerok Pandemi Corona, Presiden China Janji Beri Bantuan Internasional dan Vaksin Covid-19 Secara Global Bila Tersedia

GridStar.ID - Wabah virus corona seakan menjadi bencana yang dahsyat bagi seluruh dunia.

Bagaimana tidak, virus yang berasal dari China itu menyebar dan menginfeksi manusia tanpa ampun di seluruh dunia dalam hitungan hari.

Bahkan hingga kini, tak ada seorang pun yang tahu kapan wabah ini akan benar-benar menghilang dari muka bumi.

Baca Juga: Pemerintah Geser Cuti Bersama, Libur Lebaran 2020 Hanya Dua Hari

Terlebih lagi, sampai saat ini belum juga ditemukan vaksinnya sudah menyebar luas ke seluruh dunia.

Terkait hal itu, Presiden China Xi Jinping pada hari Senin (18/05) mengumumkan langkah konkret untuk mendorong perjuangan global melawan Covid-19.

Langkah yang diambil pihak China tersebut adalah memberikan bantuan internasional dan menjadikan vaksin Covid-19 negara itu sebagai barang publik global jika sudah tersedia.

Baca Juga: Angin Segar Pandemi Ini Segera Berakhir, 5 Kabar Baik Tentang Virus Corona Datang Lagi, Salah Satunya Disampaikan dari Orang Nomor Satu di Indonesia, Apa Itu?

Melansir Xinhua, Xi membuat pengumuman tersebut ketika ia berbicara tentang pembukaan sesi ke 73 Majelis Kesehatan Dunia (WHA) melalui tautan video.

"China akan menyediakan US$ 2 miliar selama dua tahun untuk membantu tanggapan Covid-19 dan dengan pembangunan ekonomi dan sosial di negara-negara yang terkena dampak, terutama negara-negara berkembang," kata Xi.

Dia juga bilang, China akan bekerja dengan PBB untuk mendirikan depot dan pusat respons kemanusiaan global di China, memastikan operasi rantai pasokan anti-epidemi dan menumbuhkan "koridor hijau" untuk transportasi jalur cepat dan bea cukai.

Baca Juga: Bikin Peneliti Dunia Sampai Heran, Banyak Ditemukan pada Pasien Covid-19 di Indonesia Muncul Gejala Aneh dan Tak Lazim Akibat Virus Corona, Waspada Jika Alami Hal Ini!

Source : TribunManado.co.id

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Baca Lainnya

Latest