Follow Us

DPR Setuju Cerak Uang Rp600 Triliun, Klaim Lebih Menguntungkan Ketimbang Menambah Utang, Tapi Risikonya...

Tiur Kartikawati Renata Sari - Kamis, 14 Mei 2020 | 22:00
(Ilustrasi) DPR Setuju Cerak Uang Rp600 Triliun, Klaim Lebih Menguntungkan Ketimbang Menambah Utang, Tapi Risikonya...
Kompas.com

(Ilustrasi) DPR Setuju Cerak Uang Rp600 Triliun, Klaim Lebih Menguntungkan Ketimbang Menambah Utang, Tapi Risikonya...

GridStar.ID - Di tengah wabah virus corona, Badan Anggaran DPR RI memberi usulan pada pemerintah dan Bank Indonesia ( BI) untuk mencetak uang hingga Rp 600 triliun.

Hal ini digadang-gadang bisa memberikan penyelamatan bagi perekonomian Indonesia.

Seperti diketahui, kegiatan ekonomi menjadi lumpuh di seantero dunia akibat covid-19.

Baca Juga: Pasar Rencana Mulai Dibuka Juni Jika Tak Ada Gelombang 2 Corona, Analis : Pembukaan Aktivitas Ekonomi Buat Rupiah Menguat

Wacana cetak uang baru dilontarkan setelah melihat defisit APBN yang melebar di atas 5 persen dari sebelumnya hanya 1,75 persen.

DPR bilang, cetak uang baru, lebih menguntungkan ketimbang menambah utang.

Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan ikut buka suara menyikapi anggota dewan yang ngotot agar pemerintah dan BI merealisasikan wacana mencetak rupiah lebih banyak.

Baca Juga: Aji Mumpung Tawarkan APD Seharga 1 Juta Rupiah, Perusahaan Ternama Kena Amuk Ganjar Pranowo Sampai Singgung Tak Punya Rasa Cinta Tanah Air: Saya Cabut Izinnya!

Dia mempertanyakan motivasi di balik wacana tersebut.

"Ini harus diperhitungkan. Mukhamad Misbakhun (Fraksi Golkar) sudah berhasil meyakinkan internal Golkar. Apalagi ia juga telah berhasil meyakinkan fraksi-fraksi lain di DPR. DPR sudah bulat di belakangnya," kata Dahlan dikutip dari disway.id, Rabu (13/5/2020).

Meski fraksi-fraksi mayoritas di DPR sudah mendukung wacana tersebut, mereka masih harus berhadapan dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Gubernur BI Perry Warjiyo.

Baca Juga: Bak Penebus Dosa dari Kasus Ikan Asin, Pablo Benua dan Rey Utami Salurkan Bantuan 1 Miliar Rupiah, Terungkap Alasan Penulisan Nominal Bantuan Bagi Masyarakat Terdampak Corona

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Baca Lainnya

Latest