Follow Us

Sejumlah Negara Longgarkan Pembatasan, Kini Fase Baru Wabah Virus Corona Harus Bersiap Dihadapi

Tiur Kartikawati Renata Sari - Rabu, 13 Mei 2020 | 15:31
Sejumlah Negara Longgarkan Pembatasan, Kini Fase Baru Wabah Virus Corona Harus Bersiap Dihadapi
ShutterStock

Sejumlah Negara Longgarkan Pembatasan, Kini Fase Baru Wabah Virus Corona Harus Bersiap Dihadapi

GridStar.ID - Sejumlah negara kembali mengalami peningkatan kasus virus corona usai pembatasan dilonggarkan.

Seperti Seoul, Korea Selatan yang kembali terjadi kasus covid-19 usai pembatasan dilonggarkan.

Lebabnon juga memperketat jam malam meski sebelumnya sudah dilonggarkan.

Baca Juga: Bak Angin Segar Obat Virus Corona, WHO Sebut Sudah Ada 7 hingga 8 Vaksin Covid-19 yang Potensial!

Kurva pandemi virus corona di sebagian negara memang terlihat mulai dapat diratakan. Penguncian dan langkah-langkah pembatasan yang ketat dalam beberapa bulan terakhir diterapkan untuk mencegah kekurangan layanan kesehatan.

Namun kini, pembatasan-pembatasan tersebut mulai dilonggarkan. Negara-negara seperti Perancis, Inggris, dan Spanyol juga mulai mengimplementasikan relaksasi tersebut. Akan tetapi, masalah dasar dari pandemi ini masih ada.

Virus menyebar dan menular di masyarakat. Semakin banyak masyarakat yang berkumpul, semakin banyak virus tersebut dapat menyebar.

Baca Juga: Sudah Tahu Dirinya Positif Corona, Ketua RT Ini Cari Perkara Nekat Salat Tarawih Berjamaah, 28 Warganya Jadi Korban Harus Dievakuasi!

Melansir The Guardian, 12 Mei 2020, para ilmuwan tidak terkejut dengan kasus-kasus yang kembali hadir di tempat-tempat yang melonggarkan pembatasan dalam beberapa pekan terakhir.

"Ini memang mengkhawatirkan, tetapi sudah diduga" kata Profesor Vilogi di University of Reading Ian Jones. Menurut Jones, kondisi ini merupakan konsekuensi yang tidak terhindarkan dari langkah yang memungkinkan kembali terjadinya pembauran sosial.

"Ini adalah bagian dari pertukaran. Akan ada banyak orang yang menjadi pasien kasus tanpa gejala atau sakit ringan yang tidak kami deteksi. Jadi, jika orang-orang kembali berkumpul, kita akan melihat terjadinya hal-hal ini lagi" jelas Ahli Virus di University of Queensland Ian Mackay.

Source : kompas

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular