Follow Us

PSBB Dituding Sebagai Kebijakan yang Tak Bisa Memutus Rantai Persebaran Virus Corona, Presiden Joko Widodo Tegas Ambil Langkah: Saya Ingin Ada Evaluasi Total!

Yulia Susanti - Rabu, 22 April 2020 | 22:00
PSBB Dituding Sebagai Kebijakan yang Tak Bisa Memutus Rantai Persebaran Virus Corona, Presiden Joko Widodo Tegas Ambil Langkah: Saya Ingin Ada Evaluasi Total!
Instagram @jokowi

PSBB Dituding Sebagai Kebijakan yang Tak Bisa Memutus Rantai Persebaran Virus Corona, Presiden Joko Widodo Tegas Ambil Langkah: Saya Ingin Ada Evaluasi Total!

GridStar.ID - Pemerintah Indonesia telah mengupayakan berbagai cara untuk memutus rantai persebaran virus corona.Beberapa langkah dan kebijakan telah diambil demi membrantas pandemi tersebut.Salah satu langkah yang diambil ialah Pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Baca Juga: Resah Pagebluk Corona Tak Kunjung Usai, Mbak You Minta Mukjizat Besok Pagi Wabah Covid-19 Musnah dari Muka Bumi, Terawang: Kondisi Tidak Karuan Ini Segera Dihadapi!PSBB di DKI Jakarta kini memasuki hari ke-10 sejak pertama kali diterapkan pada Jumat (10/04).Dalam pelaksanaannya banyak pihak menyangsikan PSBB akan bisa berjalan efektif.Bahkan, seorang ahli secara blak-blakkan menyebut PSBB belum bisa memutus rantai penyebaran virus corona.

Baca Juga: Terlalu Besar Kepala Sesumbar Tak Ditemukan Kasus Positif Covid-19 di Negaranya, Kim Jong Un Dibuat Malu Bawahannya Sendiri yang Ungkap Kebenaran Soal Virus Corona di Korea Utara: Terjadi di Awal Maret

"Sebenarnya tidak memutus, cuma memperlambat memberi ruang kepada fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan untuk semacam 'menarik nafas'," ujar dr. Hermawan dalam video yang tayang di kanal YouTube Talk Show tvOne pada Jumat (17/04) kemarin.Ia menilai penerapan PSBB hanya bisa dikatakan cukup baik daripada pemerintah tidak punya kebijakan sama sekali."Kalau secara umum belum begitu efektif ya, cuma secara keseluruhan sebagai sebuah kebijakan sebenarnya ini lebih baik ketimbang kita tidak punya kebijakan sama sekali." tandas dr. Hermawan.

Baca Juga: Kabar Baik Pertanda Corona Segera Berakhir, Kasus Baru Covid-19 Menurun Drastis Jadi yang Terendah dalam 2 Minggu Terakhir, Pasien Sembuh di Indonesia Semakin Bertambah!Menanggapi hal ini, Presiden Joko Widodo pun mengambil langkah tegas dalam rapat terbatas dengan menteri dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 lewat video conference, Senin (20/04)."Saya ingin ada evaluasi total dari apa yang kita kerjakan terkait penanganan Covid-19 ini, terutama evaluasi PSBB," kata Jokowi seperti dikutip dari kompas.com."Kekurangannya apa, plus minus apa, sehingga kita bisa perbaiki," tambahnya.Baca Juga: Ditemukan Fakta Baru, Seorang Pasien Virus Corona Kulitnya Berubah Jadi Sangat Gelap bak Terbakar Usai Dirawat Beberapa Hari, Ini Penyebabnya!

Selain itu, Jokowi juga meminta jajarannya menekankan tiga hal kepada pemerintah daerah.Yakni terkait pentingnya pengujian sampel secara masif, pelacakan yang progresif, dan mengisolasi yang terpapar dengan ketat.Tujuannya agar bisa menangani Covid-19 yang saat ini menjadi momok besar di Tanah Air.

Baca Juga: Suasana Beda Jauh dari Tahun Sebelumnya, Jelang Bulan Ramadhan dalam Kondisi Pandemi Corona, Pemerintah Arab Saudi Tetapkan Shalat Tarawih dan Idul Fitri dari Rumah, Bagaimana Indonesia?Sebelumnya, DKI Jakarta diketahui merupakan daerah pertama yang menerapkan PSBB.Rencananya PSBB akan diberlakukan selama 14 hari mulai tanggal 10 hingga 24 April 2020.Namun di tengah penerapan PSBB didapatkan fakta masih banyak kantor yang meminta karyawannya untuk tetap datang ke kantor.

Baca Juga: Jangan Kena Hoax! Senjata Biologi, Permainan Pemerintah, hingga Teknologi 5G, Ini Sederet Teori Konspirasi Populer Virus Corona yang Menyesatkan!Selain itu, penumpukan penumpang transportasi umum seperti kereta commuter line dan bis Transjakarta masih kerap terjadi tanpa mengindahkan anjuran physical distancing.Sejauh ini sejumlah kota selain Jakarta yang sudah menerapkan PSBB antara lain Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi.Akan disusul pula dengan wilayah lain, yakni Sumatera Barat, Pekanbaru, Makassar, Tegal, Bandung, Bandung Barat, Sumedang, dan Cimahi. (*)Artikel ini telah tayang di Sosok.id yang berjudul Ahli Beberkan PSBB Tak Bisa Memutus Rantai Penyebaran Corona, Presiden Jokowi : Saya Ingin Ada Evaluasi Total

Source : Instagram, Sosok.id

Editor : Hinggar

Baca Lainnya

Latest