Follow Us

Studi Ini Menguak Asal Usul Virus Corona Bukan dari Rekayasa Genetika

Nadia Fairuz - Rabu, 08 April 2020 | 23:00
Studi Ini Menguak Asal Usul Virus Corona Bukan dari Rekayasa Genetika
Kompas.com

Studi Ini Menguak Asal Usul Virus Corona Bukan dari Rekayasa Genetika

GridStar.ID - Virus corona atau covid-19 saat ini merupakan bencana bagi seluruh dunia di awal 2020 ini.

Virus yang disebut-sebut berasal dari pasar hewan liar di Kota Wuhan, China ini tercatat telah menewaskan setidaknya ratusan ribu nyawa di dunia.

Banyak gosip yang beredar bahwa adanya virus corona ini merupakan rekayasa genetika para elit global untuk mengurangi populasi manusia di dunia.

Baca Juga: Semua Berusaha Menyelamatkan Diri Agar Tak Terinfeksi, Walikota Ini Malah Nekat Tertular Virus Corona, Ini Alasannya!

Melansir dari Kompas.com, para ilmuwan di seluruh dunia mencoba membuktikan asal-usul virus corona, SARS-CoV-2 yang diklaim berasal dari rekayasa genetika.

Namun, studi yang dilakukan membuktikan virus penyebab penyakit Covid-19 ini berasal dari epidemi alami.

Kristian Andersen, PhD seorang profesor imunologi dan mikrobiologi di Scripps Research, melakukan penelitian gabungan bersama sejumlah peneliti dari berbagai lembaga.

Baca Juga: Bak Mukjizat, Lansia 102 Tahun Ini Dinyatakan Sembuh dari Virus Corona, Bertahan Hidup Demi Mimpinya Bertemu Valentino Rossi

Melansir Science Daily, Rabu (18/03), berdasarkan analisis sekuensing genomik mereka, Andersen dan timnya menyimpulkan kemungkinan asal SARS-CoV-2 mengikuti salah satu dari dua skenario yang mungkin terjadi.

Skenario pertama, yakni virus berevolusi di keadaan patogen saat ini melalui seleksi alam di inang non-manusia, kemudian melompat ke manusia.

Pada skenario ini menunjukkan bagaimana wabah virus corona sebelumnya muncul, dengan transmisi penularan manusia dari musang (SARS) dan unta (MERS).

Baca Juga: Sempat Kesal karena Terus-terusan Ditanyai Soal Covid-19 oleh Warganet, Mbah Mijan Kini Yakin Wabah Virus Corona Akan Segera Berakhir: Percaya Saja, Allah Pasti Turunkan Obatnya!

Source : Kompas.com

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Baca Lainnya

Latest