Follow Us

Skenario Terburuk, Badan Intelijen Negara Prediksi Puncak Wabah Virus Corona Bakal Terjadi 60 Hari Sejak Kasus Pertama dengan Jumlah Pasien Covid-19 Segini

Tiur Kartikawati Renata Sari - Sabtu, 04 April 2020 | 17:30
(Ilustrasi)Skenario Terburuk, Badan Intelijen Negara Prediksi Puncak Wabah Virus Corona Bakal Terjadi 60 Hari Sejak Kasus Pertama dengan Jumlah Pasien Covid-19 Segini
istock

(Ilustrasi)Skenario Terburuk, Badan Intelijen Negara Prediksi Puncak Wabah Virus Corona Bakal Terjadi 60 Hari Sejak Kasus Pertama dengan Jumlah Pasien Covid-19 Segini

GridStar.id - Wabah virus corona di Indonesia semakin bertambah setiap harinya.

Hal ini mulai membuat sejumlah ilmuwan dan ahli memprediksi kapan puncak dari wabah covid-19 ini terjadi.

Tujuan memprediksi skenario terburuk ini, para ahli berharap langkah antisipatif bisa dimaksimalkan agar tidak terjadi ledakan kasus.

Baca Juga: Angin Segar Kembali Datang, Peneliti di Surabaya Temukan 5 Senyawa Bakal Obat Virus Corona, Lebih Ampuh dari Avigan dan Klorokuin, Zat Ini Terpercaya Mengobati Covid-19!

"Jika upaya pencegahan transmisi dapat dimaksimalkan, kemungkinan perkiraan puncak wabah juga akan bergeser dan wabah virus ini bisa segera berakhir," kata pakar dari Universitas Brawijaya dr. Andrew William Tulle, seperti dikutip dari laman Universitas Brawijaya dan diberitakan Kompas.com, Senin (30/03).

Akan tetapi, beberapa hal dapat memengaruhi perkiraan puncak wabah.

Mudik warga Jakarta ke berbagai wilayah di Indonesia diprediksi bisa memengaruhi pola penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Di Tengah Pagebluk Virus Corona, Mbah Mijan Geram Bukan Main dengan Kelakuan Syekh Puji yang Nekat Nikahi Bocah Berusia 7 Tahun, Tak Bisa Berkata-kata: Mumet Mbah Mijan!

Menurut Andrew, gerakan mudik akan memunculkan kasus-kasus baru dan mengubah masa puncak wabah.

"Upaya yang dapat dilakukan adalah menghambat penyebaran dengan mengurangi kemungkinan transmisi virus antarmanusia, hingga seluruh penderita sembuh dan terbebas dari virus," kata dia.

Prediksi BIN

Source : kompas

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

Latest