Follow Us

Negeri Tirai Bambu Tuding Indonesia Sebarkan Virus Corona Jenis Baru setelah Warganya Pulang Plesiran dari Tanah Air, Kok Bisa?

Yulia Susanti - Senin, 23 Maret 2020 | 19:40
Negeri Tirai Bambu Tuding Indonesia Sebarkan Virus Corona Jenis Baru Setelah Warganya Pulang Plesiran dari Tanah Air, Kok Bisa?
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Negeri Tirai Bambu Tuding Indonesia Sebarkan Virus Corona Jenis Baru Setelah Warganya Pulang Plesiran dari Tanah Air, Kok Bisa?

GridStar.ID - Kabar baik datang dari negara China yang mengumumkan bahwa telah terbebas dari virus corona yang muncul Desember tahun lalu.Walau menginfeksi ribuan warganya lambat laun negara ini bangkit.Diketahui, penanganan yang dilakukan oleh China terbilang cepat.

Baca Juga: Sebagai Bentuk Fasilitas Kesehatan, Seluruh Anggota DPR RI dan Keluarganya akan Mendapat Tes Virus Corona Pekan DepanBeberapa waktu yang lalu China menyebut ada temuan aneh setelah warganya pergi ke Indonesia.Kasus virus corona baru yang mereka sebut impor dari Indonesia.Seorang warga China yang berusia 35 tahun mengalami gejala tidak enak badan usai pergi dari tanah air.

Baca Juga: Setali Tiga Uang dengan Anang Hermansyah, Artis Ini Terpaksa Tutup Bisnisnya karena Wabah Corona, Hingga Harus Menelan Rugi Miliaran Rupiah

Melasir Sosok.id, Zhang dinyatakan positif paca kembali ke provinsi Shaanxi, China.Melansir dari Kontan.co.id, hal itulah yang melatarbelakangi tudingan China terhadap Indonesia.Dalam situs resmi Komisi Kesehatan Shaanxi pun menyebutkan pada hari Selasa bahwa Zhang orang pertama yang terjangkit dari virus impor di provinsi tersebut.

Baca Juga: Ki Kusumo Beri Peringatan Terkait Peristiwa Virus Corona, Bagian dari Ketidakseimbangan Bumi dan Rahasia Alam Semesta, Begini Penjelasan Paranormal Kondang Ini Menurut Pandangan Jawa!Dirinya disebut menderita batu dan demam pada 10 Maret selama dia tinggal di Indonesia.Namun, di kota atau wilayah mana dia menetap sementara di Indonesia tidak disebutkan dengan jelas.Laporan tersebut mengatakan bahwa Zhang menggunakan penerbangan Dragon Air KA896 dari Indonesia ke Shanghai melalui Hong Kong pada 13 Maret lalu.

Negeri Tirai Bambu Tuding Indonesia Sebarkan Virus Corona Jenis Baru Setelah Warganya Pulang Plesiran dari Tanah Air, Kok Bisa?
Serambinews.com

Negeri Tirai Bambu Tuding Indonesia Sebarkan Virus Corona Jenis Baru Setelah Warganya Pulang Plesiran dari Tanah Air, Kok Bisa?

Baca Juga: Kenali Gejala Baru Virus Corona pada Penderita Berusia Muda Menurut Studi, Tak Terlihat Demam dan Batuk, Tapi Kehilangan Kemampuan Pada Dua Indera Ini

Dan dirinya tinggal beberapa waktu di Vienna International Hotel di Shanghai pada malam hari setibanya di negara asalnya.Espk harinya, pria berusia 35 tahun itu melanjutkan perjalanan dengan mobil ke Bandara Internasional Pudong Shanghai pukul 2 siang waktu setempat.Kemudian dari sana dirinya terbang menumpang China Eastern MU2162 sekitar pukul 5 sore dan tiba di Bandara Internasional Xi'an Xianyang di Shaanxi pada jam 7.45 malam waktu setempat.

Baca Juga: Hoax Lepas 800 Singa dan Harimau Demi Isolasi Warga, Vladimir Putin Berhasil Amankan Rusia dari Wabah Virus Corona Padahal Berbatasan dengan China, Pakai Trik Jitu Ini!Setelah tiba di Xi'an, Zhang memberi tahu staf bandara tentang ketidaknyamanan fisiknya. Saat hasil pengukuran menunjukkan suhu tinggi, ia dikirim ke Rumah Sakit Pusat Xi'an pada tengah malam.Minggu pagi dini hari, Pusat Pengendalian Penyakit Xiʻan (CDC) melakukan uji asam nukleat dan serologis padanya.Tes asam nukleat tidak meyakinkan, sedangkan tes serologis negatif.

Baca Juga: Singgung Pemerintah Segera Ambil Tindakan Tegas Soal Corona, Haris Azhar Minta Tak Usah Ragu Indonesia Pakai Opsi Kunci Ini, Sentil Halus: Ciri-Ciri Lockdown Parsial Cuma Imbauan!

Tes asam nukleat kedua dilakukan pada hari berikutnya hasilnya positif.Zhang juga menjalani pemeriksaan gejala klinis, tes darah, dan konsultasi ahli sebelum didiagnosis sebagai kasus yang dikonfirmasi positif.Dia lantas segera dipindahkan ke Eighth Hospital di Xi'an untuk isolasi dan perawatan.Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Dianggap Kuat hingga Mematikan, Ternyata Virus Corona Bisa Lenyap dengan Benda Ini!

Pihak berwenang telah mengisolasi kontak dekat Zhang di China untuk observasi medis.Departemen Kesehatan Shaanxi mengatakan ada 80 kontak dekat baru di provinsi itu, 79 di antaranya terhubung dengan Zhang.Melansir dari Kontan yang mengutip dari The Jakarta Post, Direktur Jenderal Pengendalian dan Pencegahan penyakit Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto mengatakan dirinya belum menerima informasi mengenai masalah tersebut.

Baca Juga: Singgung Pemerintah Segera Ambil Tindakan Tegas Soal Corona, Haris Azhar Minta Tak Usah Ragu Indonesia Pakai Opsi Kunci Ini, Sentil Halus: Ciri-Ciri Lockdown Parsial Cuma Imbauan!Tetapi pihaknya akan melacak kontak dekat Zhang di Indonesia secepatnya.“Menelusuri adalah hal tertentu, tetapi itu akan sulit. Di mana kita ingin memulai jika kita tidak tahu ke kota mana dia pergi? "Yurianto mengatakan kepada The Jakarta Post pada hari Rabu, (18/03), yang dilansir dari Kontan.co.id.Kedutaan Besar Indonesia untuk Tiongkok pun ikut angkat bicara segera menghubungi pihak pemerintah China terkait kasus yang disebut menimpa salah seorang warga China tersebut.“Memang, jumlah kasus dari transmisi internal di Tiongkok kini telah menurun. Mereka sebagian besar diterbangkan dari luar (China). Dari 13 kasus yang dikonfirmasi (pada hari Rabu), 12 diimpor,” Djauhari Oratmangun, Dubes Indonesia untuk China, dikutip dari Kontan.co.id. (*)

Source : Sosok.id

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Baca Lainnya

Latest