Patut Berbangga, Film Karya Anak Negeri 'RIO THE SURVIVOR' Jadi Film Terbaik di Best Istanbul Film Festival

Rabu, 30 Desember 2020 | 10:01

RIO THE SURVIVOR

GridStar.ID - Anak Indonesia kembali menorehkan prestasi melalui karya yang dihasilkannya.

Kali ini melalui sebuah film, penghargaan dari Istanbul Film Festival berhasil didapatkan.

Film berjudul 'RIO THE SURVIVOR' meraih penghargaan sebagai Best Feature Film di best Instanbul Film Festival.

Baca Juga: Sumber Pendapatan Tania Ayu, Sejak Berhenti Jadi Disk Jockey Inilah Pekerjaan yang Dilakoninya

RIO THE SURVIVOR

RIO THE SURVIVOR, film Indonesia yang diangkat dari kisah nyata perjuangan seorang anak yang hidup dengan HIV untuk mendapatkan hak hidup dan pendidikan, meraih penghargaan sebagai film terbaik pada Best Istanbul Film Festival.

Film karya Syair.org Foundation dan Citkart Production ini ditulis dan disutradarai oleh Yudie Oktav, yang juga merupakan pendiri Syair.org.

Baca Juga: The Prom Resmi Tayang di Netflix, Cocok Buat Kamu Pecinta Film Musikal

Film ini mengisahkan tentang Rio, anak yang hidup dengan HIV mengalami banyak diskriminasi hingga harus keluar dari sekolah dan banyak konflik di lingkungan seputar tempat tinggalnya setelah ia diketahui hidup dengan HIV.

Rio diperankan sangat bagus oleh Raditya Evandra, bintang muda berbakat pemenang penghargaan sebagai Pemeran Anak Terbaik pada Indonesia Movie Actors Award dalam film Kucumbu Tubuh Indahku.

RIO THE SURVIVOR

Baca Juga: 6 Karakter Park Shin-hye yang Memukau dalam Tayangan Netflix

Evan juga tampil dalam beberapa film besar seperti Sultan Agung dan Bumi Manusia.

Evan mengungkapkan bahwa berperan di RIO THE SURVIVOR benar-benar jauh menantang, sangat sulit, dan menguras kemampuannya karena ia harus berperan total sebagai anak yang hidup dengan HIV, tanpa orang tua, dan banyak mendapat diskriminasi hingga ia sempat terpuruk.

Beruntung Rio memiliki nenek yang sangat kuat dan sahabat-sahabat yang tetap mendukungnya.

Baca Juga: Penuh Tanda Tanya, 5 Rekomendasi Tayangan Netflix yang Bikin Penasaran

Aktris senior yang banyak berkecimpung di dunia teater, Sri Widayati, juga tampil sangat brilian sebagai nenek di film ini.

istimewa
istimewa

RIO THE SURVIVOR

Film RIO THE SURVIVOR memang bukan hanya mengupas tentang kehidupan Rio sebagai anak yang Hidup dengan HIV, tetapi juga mengangkat tentang petualangan dan persabahatan anak-anak yang belakangan terasa semakin berkurang di kehidupan nyata kita.

Akinza Chevalier Kiyosaki (memerankan Andi), M. Abdqori Narendra Afandi (Tono), dan Brydden Fablo Escobar (Rendi) juga tampil sangat baik sebagai sahabat-sahabat Rio.

Baca Juga: 6 Film Korea yang Wajib Ditonton untuk Menemani Hari-harimu Di Pekan Ini

istimewa
istimewa

RIO THE SURVIVOR

“Terima kasih untuk semua khususnya untuk Om Yudie Oktav yang telah membimbing dan memberi kepercayaan kepada saya untuk memerankan Rio dalam Rio The Survivor. Ceritanya sangat bagus dan harus ditonton oleh semua kalangan, terutama oleh anak-anak,” kata Evan.

Baca Juga: Segera Tayang! Kisah Song Joong Ki Berpetualang Menjadi Awak Pesawat Luar Angkasa dalam Film Space Sweepers

Legenda sepakbola Indonesia, Bambang Pamungkas, turut meramaikan film RIO THE SURVIVOR karena Rio adalah pemain bola dan sangat mengidolakan Bepe.

Dalam film ini, Rio bersama tim sekolahnya juga sedang mengikuti turnamen sepakbola antar sekolah, hingga Rio sumpat tidak bisa membela tim sekolahnya karena ia dipaksa keluar dari sekolah.

istimewa
istimewa

Bambang Pamungkas dalam film RIO THE SURVIVOR

Baca Juga: Film Perempuan Tanah Jahanam Borong 6 Penghargaan, Ini Daftar Lengkap Pemenang Piala Citra Festival Film Indonesia 2020

Sementara itu, Yudie Oktav, sebagai penulis dan sutradara film berharap apresiasi Film Terbaik di Best Istanbul Film Festival bisa mendorong masyarakat Indonesia untuk tergerak menonton film RIO THE SURVIVIOR ini karena banyak pesan kehidupan yang ada di film ini.

“Film ini bukan hanya mengupas tentang kampanye kepedulian terhadap HIV, tetapi juga tentang petualangan dan persahabatan anak yang semakin terkikis di kehidupan nyata kita karena anak-anak kini lebih sibuk dengan gadget dan social media. Padahal petualangan dan persahabatan di kehidupan nyata jauh lebih mendidik dan membuat anak-anak generasi muda kita akan lebih teruji.”

istimewa
istimewa

RIO THE SURVIVOR

Selain didukung oleh Bambang Pamungkas, film ini juga melibatkan gitaris Slank, Ridho Hafiedz, sebagai music director dengan menghadirkan beberapa lagu dari band ternama sebagai soundtrack film diantaranya adalah lagu dari Godbless, /rif, Jikun Sprain, dan Buluk.

Bagaimana cerita selengkapnya? Nantikan RIO THE SURVIVOR beredar di Indonesia!

Dalam film ini,Raditya Evandra berperan sebagai Rio (Kucumbu Tubuh Indahku, Bumi Manusia, Sultan Agung).

Baca Juga: Park So Dam Ungkap Kisah Menegangkan dari Pemain dan Kru Film Parasite yang Sempat Dihentikan Petugas Bandara Karena Piala Oscar, Ada Apa?

Sri Widayati sebagai Nenek, Akinza Chevalier Kiyosaki sebagai Andi, M. Abdqori Narendra Afandi sebagai Tono.

Selain itu pemeran lainnya adalah Brydden Fablo Escobar sebagai Rendi, dan Bambang Pamungkas sebagai Bambang Pamungkas.

Film ini digarap oleh Yudie Oktav sebagai Producer, Script Writer dan Director.

Baca Juga: Bakal Menikah di Bangka Belitung, Berikut Fakta Soal Canti Tachril Calon Istri Adipati Dolken, Anak Konglomerat hingga Jadi Brand Ambassador Kosmetik Milik Luna Maya

Diproduseri oleh Moh Unggul, dan untuk Director of Photography dikerjakan oleh Yudhie H. Idrus, sedangkan Ridho Hafiedz menjadi Music Director. (*)

Editor : Hinggar

Baca Lainnya