Heboh Kabar Ditunjuk Jokowi Gantikan Juliari Batubara Jadi Menteri Sosial, Risma Akhirnya Buka Suara

Senin, 14 Desember 2020 | 15:31
Kompas.com

Risma disebut bakal gantikan Menteri Sosial Juliari Batubara

GridStar.ID - Kasus korupsi yang menjerat nama Menteri Sosial Juliari Batubara beberapa waktu lalu membuat publik gempar.

Tak berhenti sampai di situ, kini muncul angin yang mengabarkan sosok ini bakal menggantikan Juliari Batubara sebagai Menteri Sosial.

Siapa sosok yang dimaksud?

Baca Juga: Mimpi Jadi Pemimpin, Baim Wong Blak-blakan Ingin Jadi Menteri Ini Jika Diberi Kesempatan: Saya Ingin Mensejaterahkan Rakyat...

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini disebut mendapat tawaran untuk menjadi Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara.

Hal itu menyusul ditetapkannya tersangka kepada Juliari Batubara dalam kasus dugaan suap pengelolaan bantuan sosial (bansos) Covid-19.

Kabar tersebut pertama kali diungkapkan oleh Plt Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Surabaya, Yusuf Lakaseng.

Baca Juga: Posisi Luhut Binsar Pandjaitan Sebagai Menteri KKP Ad Interim Digantikan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Ada Apa?

Dikutip TribunWow.com dari KompasTV, Senin (14/12/2020), Yusuf Lakaseng mengatakan tawaran kepada Risma itu berasal dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara langsung.

Terlebih Risma akan kehilangan jabatannya sebagai orang nomor satu di Surabaya setelah masa jabatannya berakhir pada Februari 2021 mendatang.

Risma akan digantikan oleh Eri Cahyadi-Armuji yang memenangi Pilkada Surabaya 2020.

Baca Juga: Angin Segar Bagi Masyarakat Tanah Air, Pemerintah Telah Merilis Jadwal Pendaftaran CPNS 2021, Kapan?

"Saya dapat kabar, Ibu Risma ditunjuk Presiden RI Joko Widodo menjadi Menteri Sosial di Kabinet Indonesia Maju," kata Yusuf dalam acara tasyakuran kemenangan pasangan Eri Cahyadi-Armuji pada Pilkada di Surabaya, Minggu (13/12/2020).

Menurut Yusuf, kinerja Risma selama menjabat sebagai Wali Kota Surabaya selama dua periode cukup bagus.

Sehingga ia menyakini Risma menjadi sosok yang pantas untuk menjadi seorang menteri.

Baca Juga: Desas-Desus Fadli Zon Digosipkan Bakal Jabat Menteri KKP Gantikan Edhy Prabowo, Rocky Gerung Beberkan Pengamatan hingga Dukungan: Bagus Juga Sebenarnya

"Di Surabaya, wali kota bisa langsung meloncat ke menteri, tanpa harus menjadi Gubernur Jawa Timur terlebih dahulu," jelas Yusuf.

Menanggapi kabar tersebut, Risma tidak langsung menjawabnya secara lugas.

"Nantilah ya teman-teman. Aku dulu ditawari ya waktu sama Pak Bambang DH (mantan wali kota Surabaya), aku minta jadi kepala dinas pendidikan, ya mana mungkin insinyur kepala dinas pendidikan kan," kata Risma.

Baca Juga: Sandiaga Uno Dikabarkan Bakal Gantikan Posisi Edhy Prabowo hingga Disebut Dijamin Tak Bakal Korupsi karena Satu Hal Ini, Qodari: Dia Lebih Kaya dari Bajak Laut Manapun!

"Tapi aku bilang kenapa? Karena di situlah kita bisa mengubah, memang lama hasilnya, tapi itu akan dimulai dari pendidikan."

Menurut Risma dalam berpolitik dirinya hanya fokus memikirkan apa yang terjadi sekarang.

"Saya belum tahu, yang jelas aku enggak merencanakan untuk apa pun, karena bagi saya jabatan itu amanah dan enggak boleh diminta. Jadi, saya enggak merencanakan apa pun," ujar Risma.

Baca Juga: Harap Sabar, Pencairan BLT Subsidi Gaji Bakal Mundur, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah: Diusahakan dalam Minggu-Minggu Ini Terealisasikan Segera

Lebih lanjut, Risma mengaku tidak kepikiran akan melanjutkan hidupnya di dunia perpolitikan.

Bahkan ia mengaku sudah merencanakan yang akan dilakukan ketika sudah tidak lagi menjadi Wali Kota Surabaya.

"Pertama, saya akan coba berbisnis, kedua ada beberapa perguruan tinggi yang meminta saya menjadi pengajar," tutur Risma.

Baca Juga: Bantu UMKM, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto Ungkap Peran Google Bantu Realisasikan Transformasi Ekonomi Digital

"Bikin usaha, ya macam-macam namanya juga usaha. Apa saja pokoknya bisa saya ambil," kata Risma.

Namun ketika kembali ditegaskan perihal keinginan untuk menjabat di Jakarta, Risma justru berkelakar.

"Gimana maksudnya? Apa aku coba jualan di Jakarta gitu ta?" kata Risma sambil tertawa. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunwow.com dengan judul Tanggapan Risma Disebut Dapat Tawaran Jokowi Jadi Menteri Sosial Gantikan Juliari Batubara

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : TribunWow

Baca Lainnya