Keluarga Sehat, 5 Manfaat Jahe Ini Jarang Diketahui, Obati Migrain!

Kamis, 05 November 2020 | 07:00
Kompas.com

Keluarga Sehat, 5 Manfaat Jahe Ini Jarang Diketahui, Obati Migrain!

GridStar.ID - Keluarga sehat dimulai dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Perbanyak buah, sayur, serta rempah-rempah seperti jahe yang memiliki banyak manfaat.

Bahkan, ini 5 manfaat jahe yang jarang diketahui jika dikonsumsi secara rutin!

Baca Juga: Tak Hanya Buat Keluarga Sehat, Jahe Merah Bisa Dongkrak Libido!

Meredakan rasa mual

Kita dapat memetik manfaat minyak jahe untuk mengatasi masalah pencernaan, salah satunya adalah mual. Mulai dari mual yang terjadi karena kehamilan, saat dalam perjalanan (motion sickness), dan pascaoperasi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak jahe mampu membantu dalam menangani gejala mual setelah operasi perut. Tingkat mual pada pasien yang menggunakan minyak ini lebih rendah daripada mereka yang menggunakan plasebo.

Baca Juga: Keluarga Sehat, Ini Cara Alami Obati Vertigo dengan Ramuan Jahe

Menangani gejala cold sore (herpes simpleks)

Minyak jahe dikatakan mampu mengurangi gejala cold sore atau infeksi herpes simpleks. Sebuah studi pada hewan menemukan bahwa mengoleskan minyak jahe ke kulit akan menghangatkan sekaligus mengurangi iritasi akibat cold sore. Namun sebelum mengaplikasikan minyak jahe, kita disarankan untuk melarutkannya terlebih dulu dengan carrier oil. Misalnya, minyak almond, minyak jojoba, dan minyak kelapa.

Baca Juga: Keluarga Sehat, Ini Diet Jahe yang Turunkan Berat 4 Kilogram Seminggu!

Mengatasi migrain

Manfaat minyak jahe yang satu ini juga bisa dicoba. Jika sering mengalami sakit kepala atau migrain, pijatlah bagian dahi, pelipis, dan belakang leher dengan minyak jahe yang telah dilarutkan dengan carrier oil. Lakukan langkah ini satu atau dua kali sehari. Selain mengurangi ketegangan pada kepala, aroma minyak jahe dapat pula menekan rasa mual yang sering menyertai migrain. Kita pun bisa meneteskannya ke tisu dan menghirupnya untuk mengurangi mual.

Baca Juga: Rutin Minum Ramuan Jahe Ajaib, Seminggu Bisa Pangkas Bobot 2-4 Kilogram!

Membantu dalam menyuburkan rambut

Meski penelitian tentang manfaat minyak jahe terhadap kesuburan rambut belum ada, tak ada salahnya jika Anda ingin mencoba. Sebelum mengoleskannya ke rambut, larutkan minyak jahe terlebih dulu dengan carrier oil. Setelah tercampur rata, oleskan minyak ini ke kulit kepala dan rambut, diamkan selama 15-30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Baca Juga: Guru Besar Universitas Airlangga Teliti Vaksin Pemusnah Virus Corona, Benarkah 3 Rempah yang Biasa Jadi Bumbu Masak Sehari-hari Ini Bisa Jadi Penangkalnya?

Mengurangi nyeri punggung bawah

Menggunakan minyak jahe untuk pijat sudah diteliti mampu mengurangi nyeri punggung bawah kronis dengan lebih baik. Dalam suatu riset, para peneliti mencoba membandingkan apakah melakukan pijat Swedia dengan minyak jahe lebih efektif daripada pijat tradisional Thailand. Mereka menguji teori ini pada 140 orang lanjut usia (lansia) dengan nyeri punggung bawah yang kronis. Meskipun kedua perawatan tersebut dapat mengurangi gejala, pijat Swedia dengan minyak jahe dinilai lebih efektif untuk menekan nyeri. Para peneliti mengatakan bahwa hasil ini ada kaitannya dengan zat zingiban dalam minyak jahe yang memiliki sifat antiperadangan. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Manfaat Minyak Jahe untuk Kesehatan"

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : kompas

Baca Lainnya