Mau Tahu Solusi Masalah Jerawat Remaja, Skincare Ibu Hamil hingga Cegah Penuaan? Temukan Semuanya di Beauty Date 2020 Day 1

Minggu, 19 Juli 2020 | 14:45
iStock

(Ilustrasi) Bukan Hanya Butuh Skincare dan Makeup, Beauty Date 2020 Ajak Setiap Perempuan Selalu Pancarkan Tampilan Penuh Percaya Diri!

GridStar.ID - Hari pertama Beauty Date 2020 yang dilasanakan pada 18 Juli 2020 berjalan sukses.

Ada beberapa solusi dan tips kecantikan dan masalah kulit yang disampaikan dalam acara Beauty Date 2020 tersebut.

Di hari pertama ada tiga sesi yang dilakukan mulai dari topik Puberty Skin Treatment, Pregnancy-Safe Skincare, dan Regime for Anti Aging.

Baca Juga: Kupas Tuntas Mengenai Perawatan Wajah agar Menua dengan Indah Bersama dr. Olivia Ong dalam Kelas Regime for Anti Aging di Beauty Date 2020

Ketiga topik skincare ini dirasa sangat pas untuk mengawali Beauty Date 2020 karena membahas permasalahan kulit perempuan dari kelompok usia yang berbeda.

Tentunya, ketiga sesi ini menghadirkan sejumlah narasumber yang ahli di bidangnya sehingga bisa menjawab segala masalah kulit Daters dengan tepat dan profesional.

Penasaran kan bagaimana keseruan Beauty Date 2020 Day 1? Berikut ulasan lengkapnya!

Baca Juga: Bincang Beauty Date 2020, Dokter Stefani Rachel Soraya dan Dokter Ruswantriani Bagikan Tips Ibu Hamil Tetap Bisa Tampil Cantik dan Segar

Ungkap Alasan Remaja Mudah Berjerawat di Puberty Skin Treatment

Langsung dari ahlinya, Medical Director Jakarta Aesthetic Clinic dr. Olivia Ong didampingi oleh beauty influencer Celine Claudia menemani Daters dalam sesi pertama mengawali Beauty Date 2020 ini.

Olivia Ong mengawali penjelasan dengan fakta bahwa ternyata remaja laki-laki lebih mudah berjerawat dibanding remaja perempuan. Kok bisa?

Rupanya, hal ini disebabkan oleh tingginya hormon testosteron pemicu kelenjar minyak yang dimiliki oleh laki-laki.

Baca Juga: Beauty Date 2020: dr. Olivia Wong Ajak Rawat Kulit dari Luar dan Dalam Agar Tetap Awet Muda Serta Cegah Penuaan!

Produksi minyak yang tinggi inilah yang menyebabkan pori-pori tersumbat dan akhirnya muncul jerawat.

Namun, tak menutup kemungkinan remaja perempuan juga mengalami masalah jerawat, lho.

Selain hormon, faktor eksternal juga bisa memicu masalah jerawat terjadi pada remaja.

Salah satunya adalah kebiasaan menyentuh wajah yang ternyata bisa dilakukan oleh pelajar selama 23 kali dalam satu jam!

Baca Juga: Suka Makeup dari Kecil, Influencer Cantik Claudia Setyohadi Bakal Hadir di Beauty Date 2020!

Terlalu sering menyentuh wajah dalam keadaan tangan yang kotor bisa memindahkan kotoran dan bakteri ke wajah dan menyebabkan jerawat.

Selain itu, konsumsi makanan yang sembarangan dan faktor lingkungan seperti polusi juga bisa membuat remaja lebih rentan berjerawat.

Namun jangan khawatir, ada sejumlah tips yang bisa dilakukan bagi remaja untuk merawat kulit agar tak mudah muncul jerawat.

Di antaranya adalah rajin membersihkan wajah, memperhatikan konsumsi makanan, rajin minum air putih, dan memakai skincare sesuai jenis kulit.

Selain itu, melakukan perawatan seperti facial juga sudah boleh dilakukan oleh remaja, tentunya dengan konsultasi kepada dokter terlebih dahulu, ya.

Baca Juga: Beauty Date 2020 Bagikan Tutorial Summer Tropical Makeup Look, Bakal Cocok Dipakai Hangout! Seperti Apa ya?

Perawatan Bahan Alami Bahaya untuk Ibu Hamil? Ini Jawaban Dokter di Pregnancy-Safe Skin Treatment

Sesi kedua yang diadakan pada Beauty Date 2020 ini adalah sesi Pregnancy-Safe Skin Treatment untuk para ibu hamil.

Telah hadir dr. Ruswantriani, SpOG dan dr. Stefani Rachel Soraya Djuanda, SpKK dari RSU Bunda Jakarta sebagai narasumber bersama Senior Editor Nakita.id Glory Oyong.

Glory Oyong mengawali sesi dengan berbagi pengalamannya ketika hamil. Rupanya, Glory Oyong selalu mengalami masalah kulit ketika hamil.

Masalah kulit yang muncul mulai dari munculnya jerawat, beruntusan, hingga lipatan wajah yang memerah.

Baca Juga: Dari Aura Kasih hingga Luna Maya, MUA Ternama Arie Khayz Bakal Hadir di Beauty Date 2020 Berbagi Tips dan Trik Soal Makeup!

“Dari yang awalnya enggak pernah jerawatan, jadi gede-gede banget (jerawatnya). Beruntusan kecil-kecil ada, di bagian wajah kayak lipatan-lipatan itu agak merah,” ujar Glory, Sabtu (18/07).

Menanggapi hal tersebut, dr. Rachel, SpKK mengatakan masalah kulit memang suatu hal yang wajar dialami oleh ibu hamil.

“Kelainan kulit pada ibu hamil itu banyak. Tapi, yang paling sering persis seperti yang dialami Mbak Glory. Semua kelainan yang terjadi pada ibu hamil itu rata-rata karena perubahan hormonal.

Baca Juga: Sibuk Jadi Ibu dan Influencer, Putri Wulandari Bakal Bagikan Tipsnya Bebas Stress di Beauty Date 2020!

Jerawatan, stretch mark, lipatan-lipatan jadi hitam semua, dan yang keempat ini baru kayak penyakit ya, yaitu gatal,” jelas dr. Rachel.

Glory Oyong pun bercerita bahwa dulu dirinya pernah menggunakan bahan alami seperti cuka apel untuk mengatasi masalah kulitnya.Akan tetapi, alih-alih mendukung, dr. Rachel justru menyatakan hal tersebut berbahaya.

“Yang biasanya bahaya itu, yang orang-orang racik sendiri. Dan, yang sering dipakai itu ya kayak cuka-cuka begitu. Sebenarnya orang pakai cuka apel itu kan untuk ambil asamnya, obat-obat jerawat itu basic-nya asam, baik itu diminum, ditotol, cairan peeling, untuk menetralisir jerawat.

Baca Juga: Beauty Date 2020: Tips Daily Makeup Ala Joanna Alexandra yang Buat Wajah Langsung Segar Seketika

Lalu, orang-orang suka racik sendiri, tapi berapa persen asamnya kan kita enggak tahu?

Itulah yang bahaya, yang home made. Jadi kalau lihat resep dari YouTube atau dari mana, dari selebgram, mesti waspada, jangan langsung diikuti,” jelas dr. Rachel.

Lalu, bagaimana cara yang tepat bagi ibu hamil untuk merawat kulit?

Menurut dr. Tria, ibu hamil cukup rajin mencuci muka bahkan masih diperbolehkan menggunakan produk skincare yang dijual di pasaran.

Baca Juga: Event Beauty Date 2020 akan Bagikan Cara yang Aman Melakukan Berbagai Kegiatan Kecantikan di Toko Kosmetik Langganan Kita di Masa New Normal

Akan tetapi, beberapa kandungan pada produk skincare harus tetap diperhatikan ya.

“Sebenarnya untuk skincare tidak ada yang benar-benar dilarang digunakan ibu hamil. Cuma yang biasanya dihindari itu retinoic acid, yang isinya pencerah hidrokuinon, dan steroid. Basically, tiga kandungan itu memang mesti diwaspadai, baik ketika hamil atau pun tidak,” dr. Rachel menambahkan.

Selain menggunakan skincare, dr. Tria mengatakan kesehatan kulit juga bisa dijaga dari dalam, misalnya dengan makanan.

“Orang hamil itu kebutuhan akan cairan itu pasti bertambah. Jadi, minumnya harus lebih banyak.

Baca Juga: Rajin Pakai Skincare Bikin Pori-Pori Wajah Semakin Besar? Ini Faktanya Menurut Beauty Date 2020

Kalau makanan, kami anjurkan tentu makanan yang sehat, tinggi protein, mengurangi karbohidrat, serta makanan yang mengandung antioksidan tinggi,” tutup dr. Tria.

“Menua dengan Indah” dengan Cara Cegah Penuaan Dini yang Tepat di Regime for Anti Aging

Pada sesi ini, dr. Olivia Ong mengajak setiap perempuan untuk “menua dengan indah”. Hm, bagaimana caranya?

Menurut dr. Olivia, tidak ada kata terlambat dalam memulai perawatan anti aging yang benar dengan menggunakan formula yang benar pula.

Baca Juga: Masalah Stretch Mark hingga Sunscreen, Ibu Hamil Wajib Tahu, Ini 5 Cara Tampil Cantik Selama Kehamilan dari Beauty Date 2020!

Stres merupakan salah satu hal yang paling bisa menyebabkan penuaan dini di era modern ini.

Memang kini tersedia pilihan seperti botoks dan filler yang sudah lazim dilakukan untuk mengatasi tanda penuaan yang sudah muncul.

Namun, penggunaan skincare yang tepat juga dapat membantu baik mencegah maupun mengobati tanda-tanda penuaan dini seperti kulit terlihat kusam, timbul flek, timbul kerutan, dan kulit yang semakin sensitif.

Baca Juga: Beauty Date 2020: Yuk Tampil Fresh dengan Summer Tropical Makeup Look, Begini Tutorialnya!

Menunda perawatan yang dibutuhkan, melakukan perawatan secara asal, dan menggunakan makeup juga bisa memicu penuaan dini lho.

Oleh karenanya, sangat perlu untuk mengenali masalah kulit serta mencari skincare dengan kandungan yang tepat untuk setiap masalah kulit, khususnya bagi yang mengalami premature aging.

Skincare dengan kandungan seperti retinol, peptida, dan vitamin C adalah formula yang tepat untuk merawat kulit dari penuaan dini.

Baca Juga: Punya Kulit Mulus Bak Pualam, Lifestyle Influencer Putri Wulandari Berikan Tips Cantiknya di Beauty Date 2020

Selain itu, penggunaan sunscreen tiap dua jam sekali dengan kandungan SPF 30 juga sangat penting khususnya untuk orang-orang Indonesia dalam mencegah penuaan dini akibat paparan sinar UV.

Olivia juga menganjurkan untuk merawat kulit sedini mungkin karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Itu dia sekilas rangkuman keseruan dan penjelasan yang didapatkan langsung dari pakarnya mengenai perawatan kulit di hari pertama Beauty Date 2020.

Baca Juga: Tak Perlu Repot Mencegah Penuaan Wajah, di Beauty Date 2020 Ada Solusi Atasinya dengan Rutinitas Perawatan Kulit Sederhana

Dok. Grid Network

Beauty Date 2020

Jangan lupa, masih ada keseruan dari Beauty Date 200 di Day 2 nih.

Di hari kedua Beauty Date 2020 akan mengangkat tema Makeup Day dengan 3 sesi yang gak kalah menarik dibanding hari pertama.

Ada New Normal Beauty yang membahas kebiasaan belanja kosmetik di masa New Normal, Daily Makeup Course bersama MUA profesional Ryan Ogilvy, dan Makeup Challenge.

Baca Juga: Punya Masalah dengan Jerawat yang Membandel? Hempaskan Noda di Wajah dengan Cara Mudah ala Beauty Date 2020 Ini!

NOVA
NOVA

Beauty Date 2020

Sesi New Normal Beauty dan Daily Makeup Course bisa kamu ikuti secara gratis, lho!

Selain menawarkan sejumlah topik menarik yang dibahas oleh para ahlinya, Beauty Date 2020 juga mengajak untuk memberikan donasi yang akan disalurkan pada pekerja industri kecantikan yang terdampak pandemi lewat link ini.

Jangan lewatkan keseruan Beauty Date 2020 persembahan dari Female Media Grid Network yang terdiri oleh CewekBanget.ID, Grid.ID, Nakita.ID, NOVA, dan Stylo Indonesia didukung oleh Mirabella Cosmetics. (*)

Artikel ini telah tayang di Stylo.grid.id dengan judulBeauty Date 2020 Day 1: Kupas Tuntas Solusi Masalah Jerawat Remaja, Skincare Ibu Hamil, Hingga Cara Cegah Penuaan!

Editor : Hinggar

Sumber : Stylo.ID

Baca Lainnya