Antibasi! Ini Cara Benar Simpan Santan untuk Masakan Lebaran

Kamis, 21 Mei 2020 | 05:30
iStockphoto/nadisja

Rahasia Menyimpan Stok Santan dalam Kulkas untuk Menu Lebaran Nanti, Dijamin Antibasi dan Tidak akan Pecah, Hal Sederhana Ini Kunci Utamanya!

GridStar.ID - Santan menjadi bahan wajib untuk pembuatan menu makanan saat lebaran.Hampir semua hidangan wajib lemaran menggunakan santan dalam pembuatannya.Mulai dari opor ayam, sayur godong, rendang, sambal kentang dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Tak Perlu Bingung Bikin Hidangan Lebaran, Yuk Ikut Kursus Masak Online Sajian Sedap Ini agar Menu yang Disajikan Lebih Variatif!Karena itu, daripada memakan waktu memeras santan, lebih baik kita buat saja stok santan dari sekarang.Menyimpan santan tidak boleh sembarangan.Bahan dari kelapa parut ini sangat mudah basi dan tengik.Baca Juga: Jauhi Serangan Jantung, Hindari Sahur dan Buka Pakai Menu Ini!

Salah-salah, santan malah tidak bisa digunakan.Untuk membuat stok santan kita harus tahu cara tepat mengolahnya supaya lebih awet dan tahan lama.Santan Untuk Seharian1. Rebus santan di atas api kecil sampai mendidih.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Begini Cara Memeras Santan yang Tepat Agar Lauk untuk Menu Buka Puasa Tidak Cepat Basi, Ini Rahasianya!2. Jangan langsung matikan api. Biarkan mendidih terus selaam 5 menit.3. Setelah itu matikan api, tetap aduk terus santan sampai uapnya hilang. Pengadukan di lakukan supaya santan tidak pecah atau terpisah.4. Dinginkan santan tanpa ditutup karena uap bisa membuat santan jadi lebih cepat basi.Baca Juga: Bahaya Mengintai Kesehatan di Balik Menu Takjil Gorengan untuk Berbuka Puasa Selama Ramadan!

5. Simpan dalam wadah kedap udara dalam lemari es.6. Santan ini bisa bertahan sampai keesokan harinya.Santan Untuk Waktu LamaJika santan ingin disimpan sampai satu bulan misalnya, tambahkan garam ke dalam rebusan santan.

Baca Juga: Jangan Asal Makan Nasi Goreng dengan 3 Bahan Pelengkap Ini, Tak Banyak yang Tahu Bisa Sebabkan Gangguan Kesehatan Fatal hingga Renggut Nyawa, Berikut PenjelasannyaLalu dinginkan dan wadahi dalam wadah kedap udara.Masukkan ke dalam freezer.Hindari wadah terbuka atau yang berbahan logam jika ingin menyimpan santan.Baca Juga: Rumahnya Didatangi Siwon Super Junior, Raffi Ahmad Hidangkan Sate dan Serabi, Ekspresi Wajah Rafathar Malah Jadi Sorotan

Lebih baiknya lagi jika santan kita simpan dalam ukuran sekali pakai. Jadinya santan akan lebih awet.Santan yang sudah distok ini bisa digunakan untuk aneka hidangan Lebaran.Bisa juga santan digunakan untuk takjil berbuka.

Baca Juga: Meski Imejnya Glamor, Inul Daratista Turun ke Dapur Masak 2 Menu Ini hingga Buat Asistennya Tercengang, Lezat Banget!Misalnya saja kolak, es campur atau saus kinca.Jadinya kita tidak perlu repot memeras santan setiap hari kala membuat takjil.Pekerjaan makin praktis dan memasak juga makin menyenangkan.Yang penting, selalu ingat cara tepat membuat stok santan yang awet agar masakan Lebaran jadi praktis. (*)Artikel ini telah tayang di Sajiansedap.grid.id yang berjudul Tips Menyimpan Stok Santan di Kulkas untuk Menu Lebaran Nanti, Dijamin Antibasi dan Tidak Akan Pecah

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : sajiansedap.grid.id

Baca Lainnya