Makin Bikin Netizen Terenyuh oleh Tingkahnya, Rizal Bocah Penjual Gorengan Minta Video Viral Waktu Ia Dibully Dihapus Lantaran Tak Ingin sang Ibu Bersedih: Jangan Kasih Lihat Mamaku...

Rabu, 20 Mei 2020 | 21:00
Kolase Tribun

Makin Bikin Netizen Terenyuh oleh Tingkahnya, Rizal Bocah Penjual Gorengan Minta Video Viral Waktu Ia Dibully Dihapus Lantaran Tak Ingin sang Ibu Bersedih: Jangan Kasih Lihat Mamaku...

GridStar.ID-Baru-baru ini publik digegerkan dengan video perundungan.

Korbannya ialah seorang anak laki-laki berusia 12 tahun yang sedang berjualan gorengan, bernama Rizal.

Rizal berjualan gorengan keliling kampung demi bisa membantu sang ibu membelikan popok adiknya yang belum lama ini lahir.

Baca Juga: Pemuda Tukang Bully Bak Menuai Apa yang Ditabur, Usai Jadi Bulan-bulanan Warga Kini Terancam Hukuman Penjara, Sedangkan sang Korban Banjir Hadiah hingga Dapat Beasiswa

Dalam video berdurasikan singkat itu, terlihat segerombolan remaja laki-laki merundung Rizal bahkan mendorongnya hingga terjatuh.

Sontak video viral tersebut membuat warganet marah kepada perundung.

Tak berlangsung lama sejak video tersebut viral, para perundung pun kini telah diamankan pihak kepolisian.

Baca Juga: Pelaku Bully Dicokok Polisi, Rizal si Penjual Jalangkote bak Ketiban Durian Runtuh Dapat Beasiswa dari Sespri Prabowo Subianto, Disemangati Lewat Video Call

Mengutip dari Tribun-Timur.com, karena kejadian itu, Rizal kini dapat banyak hikmah.

Dan menuai simpati dari banyak pihak. Siapa sangka, kejadian itu membawa Rizal bertemu langsung dengan orang nomor 1 Sulsel, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah. Rizal juga dapat hadiah motor listrik dari guru besar Unhas itu.

Tak banyak yang tahu, ternyata Rizal sempat meminta video viral itu dihapus agar ibunya tidak sedih setelah melihat video itu.

Baca Juga: Bak Kena Karma Instan, Baru Sehari Dibui Ferdian Paleka Sudah Jadi Bulan-bulanan Narapidana di Penjara, Hanya Kenakan Celana Dalam Hingga Dipaksa Masuk Tempat Sampah dan Dipermalukan Habis-habisan: Ngomong Dong!

Pengakuan Dahlia Sang Ibu

Dahlia (39) Ibu Rizal (12), bocah yang menjadi korban bully, yang videonya viral di dunia maya, mengatakan bahwa anaknya berjualan jalangkote sejak setahun lalu.

Dahlia mengungkapkan jika anaknya biasa membawa pulang uang Rp10 ribu sehari dari hasil jualannya.

Kemudian uangnya diberikan ke ibunya agar membelikan popok untuk adiknya, yang baru berusia satu bulan.

Baca Juga: Bak Kena Karma Instan, Ferdian Paleka Dibully Saat Masuk di Dalam Bui, Diminta Ngevlog dan Masuk ke Tong Sampah hanya Pakai Celana Dalam

"Na kasi tauka kalau maui bantuka cari uang. Bilangi belikan popok adek, jadi biasa na kasih ka ta Rp5 ribu satu hari, baru sisanya na pake juga belanja," ujarnya Senin (18/05).

Rizal merupakan anak kedua dari tiga bersaudara, tapi hanya dia yang berjualan.

Menurut penuturan ibunya hal ini ia lakukan atas keinginannya sendiri.

Baca Juga: Selalu Panen Kritikan Netizen, Sederet Artis Ini Ikut Kena Imbas Saat Berfoto dengan Mulan Jameela, dapat Komentar Pedas hingga di Bully di Restoran

"Pernah ada kasi tauka kalau sering diganggu, jadi saya kasi taukih kalau janganmi jualan, karena digangguiki nanti orang," jelasnya

Tapi Rizal malah menangis, dan pergi berjualan tanpa memberi tahu ibunya.

"Jadi biasami pergi menjual tidak na kasi tauka, karena na bilang nanti tidak ada uang na kasika kalau tidak pergi jualan," ungkapnya.

Baca Juga: Meski Geram karena Suaminya Terus Dinyinyiri Warganet Pengangguran dan Hanya Numpang Hidup, Rina Nose Justru Beri Tanggapan Bijak: Bully Aja, Aku Bisa Kasih Pandangan Baru!

Sebenarnya sebelum berjualan jalangkote, Rizal berjualan putu.

Rizal yang baru duduk di bangku kelas 5 SD ini, berjualan sebelum berangkat ke sekolah, dan hasil jualannya pun disisihkan sebagian untuk Ibunya.

"Pertamanya putu na jual, dia pergi jualan sebelum ke sekolah, itu'mi nanti hasil jualannya na pakai jajan," tuturnya.

Baca Juga: Gara-Gara Kasus Video Ikan Asin, King Faaz Kena Bully di Sekolah, Terungkap Galih Ginanjar Sempat Tak Akui sang Anak hingga Minta Fairuz A Rafiq Tes DNA!

Tapi sejak bulan ramadhan, ia tidak lagi berjualan putu, dan hanya berjualan jalangkote.

Terkait pembullyan yang dialami anaknya, awalnya Dahlia tidak mengetahui hal itu, sampai suatu hari, Rizal pulang ke rumah dan kemudian menciumi adiknya.

Ia meminta maaf ke adiknya karena sudah tidak ingin berjualan, sehingga tidak lagi bisa membelikannya popok.

Baca Juga: Nahas! Dokter dan Perawat Ini Harus Terima Pil Pahit Dikucilkan dan Diusir dari Indekost, Bahkan Anak-Anaknya Kena Bully Setelah Tangani Virus Corona

Setelah ditanyai, Rizal enggan mengakui masalah yang sedang dihadapinya, lantaran tidak mau sampai Ibunya khawatir.

Bahkan ia berkelit saat ditanyai tentang luka yang ada dilengannya.

"Kemarin pulangi, terus langsung pergi cium adeknya, sudahnya itu minta maaf sama adeknya karena sudah tidak bisa carikan uang beli popok.

Baca Juga: Krisdayanti Diserang Warganet Karena Liburan ke Luar Negeri di Tengah Virus Corona, Raul Lemos Langsung Pasang Badan: Sayalah Pihak yang Disalahkan!

Kagetka, karena barusannya tidak mau menjual, jadi kutanya mi, bilang kenapa memangki, tapi tidak mau jawab, bilangji saja nanti pi lagi mama menjual ka," ujar Dahlia mengingat apa yang dikatakan Rizal

"Tetangga kasi tauka kalau ternyata ada videonya viral. Pas kuliat, langsungka teriak - teriak, tidak bisaka lihat sampai habis, kasihan sekalika lihat ada yang jahati begitu anak ku. Saya saja orang tuanya tidak pernah ada yang pukul," katanya sambil membasuh air matanya.

Sebelum Ibunya melihat video tersebut, Rizal sempat menyuruh menghapusnya, lantaran tidak ingin sampai Ibunya melihat video itu.

Baca Juga: Sempat di Bully karena Dianggap Alay Main Tik Tok dan Kini Netizen Hingga Kalangan Selebritis Gandrungi Aplikasi Tersebut , Bowo: Menjilat Air Ludah Sendiri

"Waktu Rizal dikasi liat itu video, langsung i bilang, janganki kasi liat mamaku, karena nanti kaget i baru masuk rumah sakit," tuturnya

Setelah kejadian itu Rizal tidak sempat berjualan lagi, bukan lantaran sepedanya yang rusak.

Karena ia harus memenuhi panggilan di Mapolres Pangkep untuk diminta keterangan sebanyak dua kali.

Baca Juga: Tak Terima Anaknya di Bully, Ruben Onsu Bawa Kasus Ini ke Ranah Hukum, Begini Kronologinya

Ia juga menemui beberapa orang atau lembaga yang datang untuk memberi bantuan.

Ibunya sangat bersyukur karena ternyata banyak orang baik yang mau membantu anaknya, mulai dari memberi bantuan sembako, uang tunai, dan membelikan sepeda untuk Rizal.

"Dari dulu anakku mau beli sepeda polygon, tapi karena tidak ada uangku, jadi sepeda bekas ji bisa kubelikan," ungkap ibunya mengenang.

Baca Juga: Anak Sambungnya Dituding Operasi Plastik, Ashanty Naik Pitam hingga Krisdayanti Ikut Komentar, Ada Apa?

"Tapi Alhamdulilah sekarang sudah ada dua sepeda barunya," ujarnya

Ia pun berharap agar kejadian seperti ini tidak terulang. Dan pelaku dihukum sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Kalau saya memang sudah memaafkan, tapi pelaku tetap harus dihukum sesuai peraturan yang ada, supaya kejadian begini tidak terulang lagi," pungkasnya. (*)

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : Tribun-Timur.com

Baca Lainnya