Sambut Lebaran, Mal di Jakarta Siap Beroperasi Kembali dengan Syarat..

Selasa, 19 Mei 2020 | 15:30
kompas

Sambut Lebaran, Mal di Jakarta Siap Beroperasi Kembali dengan Syarat...

GriStar.ID-Virus corona masih menjadi bencana besar bagi dunia khususnya di Indonesia.

Pemerintah masih mengupayakan segala cara demi bisa memberantas virus yang disebut-sebut berasal dari kota Wuhan, China.

Salah satunya dengan upaya Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) telah diterapkan di berbagai daerah.

Baca Juga: THR Lebaran PNS Cair, Nasib Gaji ke-13 yang Lebih Besar Dipertanyakan

DKI Jakarta menjadi daerah pertama yang menerapkan adanya PSBB.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pun telah dengan resmi menerapkan PSBB sejak 10 April 2020 lalu.

Kini sudah satu bulan PSBB diterapkan, berbagai polemik pun masih terus terjadi.

Baca Juga: Larang Warganya Mudik Lokal, Anies Sebut Corona Tidak Kenal Lebaran

Terlebih lagi saat-saat mendekati lebaran seperti ini.

Mengutip dari Kompas.com, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) mengaku siap mengoperasikan kembali mal jika sudah diperbolehkan.

"Yang dapat kami pastikan adalah bahwa pusat perbelanjaan siap untuk beroperasional kembali setiap saat," ujar Wakil Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja ketika dikonfirmasi Kompas.com, Senin (08/05).

Baca Juga: Hidangan Tepat untuk Diletakkan di Meja saat Lebaran, Cukup Ikuti 6 Langkah Ini Agar Nastar yang Dibuat Berbentuk Bulat Cantik Sempurna Tidak Melebar

Menurut Alphonzus, pihaknya juga telah mempersiapkan protokol kesehatan untuk dilaksanakan secara disiplin ketika pusat perbelanjaan kembali dioperasikan.

"Pemulihan ekonomi memang perlu setelah hampir tiga bulan terpuruk tapi tentunya tetap harus disertai dengan perhatian terhadap kesehatan masyarakat karena wabah Covid-19 belum berakhir,"

Namun, dia enggan memastikan apakah pembukaan pusat perbelanjaan di Jakarta akan dilakukan pada 8 Juni 2020.

Baca Juga: Tak Perlu Bingung Bikin Hidangan Lebaran, Yuk Ikut Kursus Masak Online Sajian Sedap Ini agar Menu yang Disajikan Lebih Variatif!

Waktu pembukaan itu berdasarkan kajian awal skenario pemulihan ekonomi yang dilakukan Kementerian Koordinasikan (Kemenko) Bidang Perekonomian.

"Sampai dengan saat ini masih belum ada konfirmasi resmi tanggal pasti pembukaan pusat perbelanjaan, khususnya di DKI Jakarta," ungkapnya.

Menurut Alphonzus, Kemenko Perekonomian pernah mengundang asosiasi untuk mendiskusikan wacana pembukaan tersebut.

Baca Juga: 2 Bulan Diminta Belajar di Rumah Saja Selama Pandemi Virus Corona, Pemerintah DKI Jakarta Putuskan Jadwal Siswa Bisa Kembali Belajar di Sekolah

Namun, pemerintah masih terus mengkaji semua aspek terkait pemulihan ekonomi ataupun pelonggaran pembatasan yang akan dilakukan.

"Semua aspek harus diantisipasi dengan baik agar supaya skenario pembukaan dapat terlaksana dengan baik pula," ungkapnya.

Diketahui, Kemenko Perekonomian tengah melakukan kajian awal mengenai skenario pemulihan ekonomi Indonesia dengan mengoperasikan kembali sejumlah sektor yang dibagi ke dalam beberapa tahapan.

Baca Juga: Salah Satunya Serial The World of Married, Viu Sajikan Tayangan Menyegarkan sebagai Alternatif Hiburan di Pekan Terakhir Menjelang Lebaran 2020

Berikut tahapan pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19 yang akan dilakukan Kemenko Perekonomian:

1. Fase pertama, yang dilakukan pada 1 Juni 2020 ialah membuka kembali operasional industri dan jasa bisnis ke bisnis (B2B), dengan tetap menerapkan social distancing.

2. Fase kedua, yakni pada 8 Juni 2020, toko, pasar, dan mal diperbolehkan beroperasi kembali.

Baca Juga: Kabar Baik Menjelang Lebaran, Pemerintah Menetapkan Tidak Melarang Mudik Lokal di Wilayah PSBB, Namun Wajib Tetap Perhatikan Aturan Ini!

3. Fase ketiga, 15 Juni 2020, tempat-tempat kebudayaan dan sekolah mulai dibuka kembali dengan tetap menerapkan social distancing dan beberapa penyesuaian.

4. Fase keempat, 6 Juli 2020, difokuskan kepada evaluasi terhadap pembukaan berbagai fasilitas seperti restoran hingga tempat ibadah.

5. Fase kelima, 20 Juli dan 27 Juli 2020, evaluasi fase keempat dan pada akhir Juli atau awal Agustus 2020 diharapkan seluruh kegiatan ekonomi sudah dapat beroperasi dengan normal. (*)

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya