Pilu! Demi Tenangkan Anaknya yang Kelaparan di Tengah Pandemi Corona, Janda Ini Memasak Batu hingga Sang Buah Hati Tertidur Karena Lelah Menunggu

Jumat, 01 Mei 2020 | 15:30
Caroline Mwawasi/Tuko via BBC

Pilu! Demi Tenangkan Anaknya yang Kelaparan di Tengah Pandemi Corona, Janda Ini Memasak Batu hingga Sang Buah Hati Tertidur Karena Lelah Menunggu

GridStar.ID - Di tengah pandemi virus corona yang terjadi di dunia banyak orang melakukan berbagai cara untuk bertahan hidup.

Pembatasan sosial yang terjadi membuat banyak orang kehilangan pekerjaannya dan tak tahu lagi bagaimana caranya untuk mencari sesuap nasi.

Seperti apa yang terjadi pada seorang janda dengan 8 anak asal Kenya ini.

Baca Juga: Jokowi Izinkan 500 TKA China Datang di Tengah Pandemi Covid-19, Gubernur Sulawesi Tenggara Tak Tinggal Diam: Aneh, Tenaga Kerja Lokal Kita Rumahkan Lalu TKA Didatangkan dari Luar...

Ia mencuri perhatian karena memasak batu untuk menenangkan anak-anaknya yang dilanda kelaparan.

Dikutip dari BBC, melalui kompas.com pada Kamis (30/04) menceritakan sosok Peninah Bahati Kitsao, yang memasak batu dan berharap anak-anaknya tertidur sambil menunggu makanan mereka.

Kitsao biasanya bekerja sebagai pencuci pakaian di kawasan tempat tinggalnya, tetapi pekerjaan itu tak bisa didapatkan dengan mudah untuk saat ini.

Baca Juga: Korban Positif Covid-19 di Jakarta Capai 4 Ribu Orang dan menjadi yang Tertinggi di Indonesia, Ini yang Diduga menjadi Pemicunya

Orang-orang kini membatasi interaksi karena pandemi virus corona.

Melihat keadaan Kitsao yang begitu memprihatinkan tetangganya, Prisca Momanyi akhirnya memberi tahu media dengan keadaan Kitsao.

Kitsao kemudian mendapatkan bantuan uang dari ponsel dan rekening bank yang dibuka untuknya, setelah ia sempat diwawancarai oleh NTV Kenya.

Baca Juga: Viral Video! Bule Rusia Terjebak di Tengah Pandemi Covid-19, Terpaksa Ngamen Bawa Anak Balitanya Saat Berada di Lombok

Kitsao tinggal di rumah dengan 2 kamar tidur tanpa air dan listrik.

Caroline Mwawasi/Tuko via BBC
Caroline Mwawasi/Tuko via BBC

Peninah Bahati Kitsao janda 8 anak menempatkan batu di tungku agar kelihatan memasak oleh anak-anaknya. Ia berharap anak-anaknya tertidur saat menanti makanan-nya selesai dimasak.

Mendapatkan bantuan yang begitu banyak, Kitsao merasa sangat bersyukur dan menganggap ini sebagai sebuah keajaiban.

"Saya masih belum percaya warga Kenya bisa sangat peduli, setelah saya menerima telepon dari seluruh negeri bertanya bagaimana mereka bisa membantu," katanya kepada situs berita Tuko.

Baca Juga: Bersiap Sebelum Hadapi Puncak Pandemi Covid-19, Kenali 5 Kelemahan dari Virus Corona dan Cegah Penularannya!

Kitsao juga mengisahkan bahwa triknya memasak batu untuk mengelabuhi anak-anaknya yang kelaparan tak selalu berhasil.

"Mereka mulai memberi tahu saya bahwa mereka tahu saya berbohong, tetapi saya tidak bisa melakukan apa-apa karena saya tidak punya apa pun."

Pemerintah Kenya sendiri memiliki program pemberian makanan bagi mereka yang terdampak dari covid-19.

Baca Juga: Viral! Aksi Malam-malam Kabur Lompati Jendela Rumah Sakit Terekam CCTV, Pasien Positif Virus Corona di Lombok Ini Dikenal Ngeyel Sering Bantah Petugas Medis Pakai Hadis-hadis

Namun bantuan tersebut rupanya belum sampai ke tangan Kitsao.

Kitsao sendiri menjadi seorang janda sejak setahun lalu setelah suaminya dibunuh oleh sekelompok geng. (*)

Editor : Hinggar

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya