Seluruh Dunia Geger dengan Merebaknya Virus Corona, 18 Negara Ini Aman Sentosa karena Diketahui Belum Ditemukan Kasus Covid-19 bak Tempat Teraman di Muka Bumi!

Minggu, 05 April 2020 | 06:30
tribun jogja

ilustrasi pandemi

GridStar.ID - Sejak awal tahun 2020 ini banyak negara digegerkan dengan virus corona yang telah menjangkit ke jutaan nyawa.

Bahkan ribuan orang lainnya meninggal karena virus tersebut.

Diketahui virus ini tersebar di banyak negara hingga berbagai benua.

Baca Juga: Skenario Terburuk, Badan Intelijen Negara Prediksi Puncak Wabah Virus Corona Bakal Terjadi 60 Hari Sejak Kasus Pertama dengan Jumlah Pasien Covid-19 Segini

Namun ada beberapa negara yang ternyata masih bersih dari virus corona tersebut.

Berdasarkan data Center for Systems Science and Engineering (CSSE) Universitas John Hopkins, jumlah kasus positif virus corona tercatat sebanyak 1.118.921 kasus hingga Sabtu (04/04) siang.

Dari jumlah tersebut, 226.769 orang sembuh. Sementara korban jiwa akibat Covid-19 mencapai 58.937.

Baca Juga: Nahas! Nasib Pilu Seorang Perawat Tak Bisa Menahan Tangis saat Alami Kekerasan dari Pasien Virus Corona, Sekujur Tubuhnya Penuh Luka, Ternyata Pelaku Lakukan Hal Gila Ini

Masih dari sumber yang sama, virus corona telah terkonfirmasi di 175 negara di seluruh dunia.

Artinya dari 193 negara anggota PBB, masih ada 18 negara yang terbebas dari corona atau setiaknya belum melaporkan kasus infeksi Covid-19 pertama yang ditemukan.

Berikut 18 negara anggota PBB yang belum mengonfirmasi terinfeksi virus corona:

Baca Juga: Belum Selesai dengan Pandemi Corona, Ahli Peringatkan Kasus Serupa Akan Terjadi Jika Manusia Tetap Lakukan Hal Ini

1. Komoro

2. Kiribati

3. Lesotho

4. Kepulauan Marshall

5. Mikronesia

6. Nauru

Baca Juga: Ridwan Kamil Ungkap Angka Mencengangkan! 35 Persen Jemaat Sebuah Gereja Bethel Bandung Positif Corona Setelah Lakukan Acara Ini Bersama

7. Korea Utara

8. Palau

9. Samoa

10. Sao Tome and Principe

11. Kepulauan Solomon

12. Sudan Selatan

Baca Juga: Belum Selesai dengan Pandemi Corona, Ahli Peringatkan Kasus Serupa Akan Terjadi Jika Manusia Tetap Lakukan Hal Ini

13. Tajikistan

14. Tonga

15. Turkmenistan

16. Tuvalu

17. Vanuatu

18. Yaman

Baca Juga: China Lagi-Lagi Kecolongan, Sudah Bisa Kendalikan Corona, Kini Lonjakan Pasien Covid-19 Tanpa Gejala Menggegerkan bak Hantu di Siang Bolong, Sekarang Angkanya Jadi 81.554 Kasus!

Nol Kasus di Korea Utara

Seorang pejabat kesehatan senior di Pyongyang, Korea Utara mengatakan, hingga saat ini negaranya masih tetap benar-benar bebas dari virus corona.

Negara yang dikenal dengan persenjataan nuklirnya tersebut telah bergerak cepat dengan menutup perbatasan saat kasus pertama kali ditemukan di China.

Baca Juga: Masih Saja Nekat Gelar Pernikahan di Saat Sejuta Umat Berjuang Perangi Corona, Pemerintah Geram Perintahkan Tutup Seluruh KUA Tanpa Ampun: Aturan Ini Darurat!

Selain itu, negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un ini juga telah memberlakukan tindakan pengamanan yang sangat ketat.

Direktur Markas Besar Darurat Anti-epidemi Darurat Korea Utara Pak Myong Su menegaskan, upaya tersebut telah sepenuhnya berhasil.

"Sejauh ini, tidak ada satu orang pun yang terinfeksi virus corona baru di negara kami," kata Pak.

Baca Juga: Paranormal Tanah Air Koar-koar Tak Kompak Jawab Prediksi Berakhirnya Momok Menakutkan Ini, Ternyata Ada Seorang Bocah Indigo Sudah Ramalkan Jauh Sebelum Wabah Corona Terjadi hingga Sebut Detail Tanggal Berakhirnya, Sebelum Lebaran?

Sudan Selatan

Sementara itu, virus corona juga belum terdeteksi di Sudan Selatan.

Perang saudara negara Sub-Sahara yang menyebabkan sejumlah pengungsi tetap berada di kamp-kamp padat penduduk berpotensi berisiko terhadap wabah penyakit seperti virus corona.

Yaman Yaman secara resmi belum menyatakan adanya penyakit Covid-19.

Baca Juga: Ngelindur, Petinggi Sunda Empire Sesumbar Ngaku Telah Perintahkan Intelijen Dunia Akhiri Corona yang Buatnya Ditertawakan bak Orang Gila: Biang Keladinya Sedang Dicari

Negara yang dilanda perang saudara, dilanda konflik, kelaparan dan penyakit, sudah menjalani apa yang oleh para pejabat PBB dianggap sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

Sementara itu Departemen Luar Negeri AS baru-baru ini memotong bantuan ke daerah-daerah yang dikuasai pemberontak, termasuk ibu kota Sanaa.

Kondisi itu dapat berdampak pada kemampuan Yaman untuk mencegah, mendeteksi dan melawan infeksi virus corona.

Baca Juga: Didesak Rakyat hingga Kalangan Pejabat, Jokowi Akhirnya Buka Suara Alasan Tak Lockdown Indonesia di Tengah Korban Virus Corona yang Semakin Bertambah

Tajikistan

Tajikistan juga menyatakan belum memiliki kasus Covid-19 yang dikonfirmasi secara resmi di negara itu.

Kendati demikian, pihak berwenang juga telah memberlakukan beberapa pembatasan baru pada perjalanan dan pertemuan publik setelah pandemi. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judulBerikut 18 Negara di Dunia yang Masih Terbebas dari Virus Corona

Editor : Hinggar

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya