Kabar Baik, Seluruh Pasien Positif Covid-19 di Malang Dinyatakan Sembuh! Tapi Jangan Salah, Harus Tetap Lakukan Hal Waspada Ini

Minggu, 29 Maret 2020 | 12:00
Kompas.com

Kabar Baik, Seluruh Pasien Positif Covid-19 di Malang Dinyatakan Sembuh, Jangan Salah Harus Tetap Lakukan Hal Waspada Ini!

GridStar.ID - Kabar baik datang di tengah melonjaknya kasus virus Corona di Indonesia.

Seluruh pasien positif Covid-19 di Malang, saat ini sudah dinyatakan sembuh.

Kabar tersebur disampaikan oleh Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Malang, Nur Widianto.

Baca Juga: Belum Tentu Alami Gejala Virus Corona, Mungkin Masalah Kesehatan Mental Ini yang Kita Alami, Kenali Ciri-cirinya!

Nur Widianto menyampaikan bawa 2 pasien terakhir di Malang sudah dinyatakan sembuh.

Pasien yang telah sembuh tersebut dirawat di 2 rumah sakit yang berbeda yaitu Rumah Sakit Umum Daerah Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang dan Rumah Sakit Tentara Soepraoen.

“Satu pasien sudah keluar hasil labnya, negatif. Satunya masih menunggu tapi hasil periksa tim dokter, secara klinis sudah sembuh,” ujar Nur Widianto yang dilansir dari Kompas.com, Sabtu (28/03).

Baca Juga: Kasus Pasien Covid-19 Meninggal Dunia di Bawah 0.5 Persen, Ini Kebiasaan Warga Negara Jerman yang Jadi Kunci Tekan Angka Kematian Corona

Setelah dinyatakan sembuh, kedua pasien tersebut sudah diizinkan pulang dengan diharuskan menjalani isolasi mandiri terlebih dahulu.

Isolasi mandiri yang dilakukan 2 pasien terakhir tersebut pun diawasi oleh pihak Satgas Covid-19 Kota Malang.

“Pasien dibolehkan pulang dan diisolasi mandiri dengan pengawasan ketat,” ujar Nur Widianto.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Tembus Angka Lebih dari 1.100, Anies Baswedan Umumkan Perpanjang Masa Darurat Wabah Virus Corona hingga 19 April 2020

Keduanya tidak diperbolehkan beraktivitas di luar rumah serta kontak erat dengan sanak saudara terlebih dahulu.

“Semuanya tetap dalam pantauan, dan tetap kita minta untuk isolasi mandiri dulu, artinya aktivitas di rumah saja. Pun demikian dengan kontak erat, dalam hal ini keluarga,” jelasnya.

Selain kedua pasien terakhir tersebut, terdapat 1 pasien lainnya yang telah dinyatakan sembuh sebelumnya.

Baca Juga: Jangan Salah Kenali Sebelum Terlambat Ditangani, Orangtua Wajib Tahu Ini Gejala yang Terjadi pada Anak-Anak Saat Terinfeksi Virus Corona

Sehingga total pasien yang sempat dinyatakan positif Covid-19 yaitu 3 orang.

Tetap ingin adanya kewaspadaan di Kota Malang, Widianto meminta warga untuk tetap mematuhi aturan yang sudah dibuat.

Selain itu, pasien yang sempat dinyatakan positif juga diminta untuk menjaga pola hidup sehat.

Baca Juga: Stop Panic Buying! Penggunaan Sabun Antiseptik Berlebihan untuk Cegah Virus Corona Akan Timbulkan Masalah Baru Pada Kulit, Ini Cara Mudah Bunuh Virus!

“Kepada warga Kota Malang kembali kami titipkan pesan untuk mematuhi imbauan akan social distancing, activity at home dan physical distancing serta tentunya jaga pola hidup sehat," ujar Widianto.

Pola hidup sehar dianggap penting karena dapat membantu tubuh terhindar dari virus Corona dengan menjaga atau meningkatkan imunitas tubuh.

"Karena saudara kita yang dinyatakan sembuh itu juga karena peningkatan secara bertahap akan daya imunnya. Corona bisa disembuhkan, tapi lebih baik dan lebih utama Corona tidak hadir pada kita semua," ujar Widianto

Baca Juga: Mengharukan! Meski Pengangguran Pria Ini Rela Jual Motornya demi Impor APD untuk Bantu Tim Medis Lawan Corona, Didi Yulianto: Jadi Pahlawan Bisa dengan Cara Apa Saja

Di samping 3 pasien yang telah dinyatakan sembuh, masih terdapat 6 pasien lainnya yang berstatus pasien dalam pengawasan atau PDP.

Dari 6 PDP tersebut 2 orang di rawat di Rumah Sakit Panti Waluyo Sawahan, 2 orang di Rumah Sakit Lavalette, 1 orang di Rumah Sakit Prima Husada, dan 1 orang di RSUD Kota Malang. (*)

Artikel in telah tayang di Nakita.ID dengan judul Angin Segar Kembali Datang Untuk Indonesia, Seluruh Pasien Positif Covid-19 di Malang Dinyatakan Sembuh dan Harus Tetap Lakukan Hal Ini

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : nakita, kompas

Baca Lainnya