793 Kematian per Hari di Italia karena Terlambat Lakukan Ini, Sadar Setelah 10 Hari Wabah Corona, Jeritan Hati Warga: Bisa Menghirup Udara di Rumah Sendiri Adalah yang Harusnya Kamu Syukuri

Selasa, 24 Maret 2020 | 11:50
Andreas Solaro/AFP

793 Kematian per Hari di Italia karena Terlambat Lakukan Ini, Sadar Setelah 10 Hari Wabah Corona: Bisa Menghirup Udara di Rumah Sendiri Adalah yang Harusnya Kamu Syukuri

GridStar.ID - Jumlah kematian akibat virus corona terbanyak kini terjadi di Italia.

Angka penyebaran di Italia juga tinggi hingga tak sebanding dengan tenaga medis.

Tak kurang dari 59.139 kasus infeksi covid-19 menjangkit warga Italia.

Baca Juga: Menyayat Hati! Beginilah Potret Terakhir Dokter Hadio, Salah Satu Dokter yang Meninggal Kala Menangani Pasien Covid-19, Hanya Bisa Melambaikan Tangan ke Kedua Anaknya dari Pagar!

Tak butuh waktu lama, pandemi ini membuat angka lonjakan kematian lebih dari negara-negara lain yang terjangkit covid-19.

Beberapa waktu lalu, Italia mengalami lonjakan angka kematian yang mengerikan, yakni 793 dalam sehari.

Fakta ini didukung dengan kabar betapa kewalahannya petugas pemakaman hingga pemerintah mengerahkan militer untuk mengurusi jenazah-jenazah tersebut.

Baca Juga: Virus Corona di Indonesia Jangkit 579 Pasien, Mahfud MD Tak Lagi Gunakan Social Distancing Tapi Physical Distancing Sesuai Adat Masyarakat, Apa Bedanya?

Melansir ABC News, pada (19/03) beberapa waktu lalu beredar video yang berisi pesan dari warga Italia yang sedang menjalani isolasi.

Pembuat film lepas, Olmo Parenti yang mengawaki adanya video ini.

Dia terpanggil dengan masifnya angka-angka korban Covid-19 di Italia.

Baca Juga: Perempuan Beranak Dua yang Jadi Relawan Pertama Uji Coba Vaksin yang Belum Pernah Disuntikan ke Manusia Ini Ternyata Bukan Orang Sembarangan, Ini Profesinya!

Sehingga dia ingin menyerukan pesan kepada orang-orang di belahan dunia lain agar serius menghadapi virus corona.

Parenti meminta orang-orang Italia merekam diri mereka sendiri dan bercerita tentang harapan mereka.

Selain itu juga apa yang mereka pikirkan beberapa hari yang lalu, dan saat mengetahui keadaan pasca lockdown ini.

Sky News YouTube

793 Kematian per Hari di Italia karena Terlambat Lakukan Ini, Sadar Setelah 10 Hari Wabah Corona: Bisa Menghirup Udara di Rumah Sendiri Adalah yang Harusnya Kamu Syukuri

Baca Juga: Imbas dari Malaysia yang Lakukan Lockdown Rakyat Kecil Kelaparan, WHO Ungkap Cara Lain Atasi Penyebaran Virus Corona Dibandingkan Harus Lockdown

"Saya yakin Anda pernah mendengar tentang Coronavirus. Dan saya yakin Anda meremehkannya," kata seorang wanita di video tersebut, merujuk pada dirinya sendiri.

"Ya, karena infeksi di Italia akan terus meningkat, membuktikan kepada Anda ini semua bukan 'sapi jantan' seperti yang Anda kira," kata yang lain.

"Aku mengolok-olok seseorang yang menggunakan masker," ujar salah satu wanita yang tengah mengenakan masker di video tersebut.

Baca Juga: Bukan dengan Masker, Dokter Spesialis Paru Ini Bongkar Cara Ampuh Cegah Infeksi Covid-19 dengan Biasakan Hal Ini Setiap Hari, Murah Tanpa Biaya!

Parenti ingin menyampaikan pesan ini khususnya untuk warga Perancis dan Amerika Serikat.

Dia khawatir orang-orang di sana tidak menganggap serius wabah asal China ini .

"Hingga sembilan, 10 hari yang lalu, kami masih melakukan hal yang sama (biasa)," kata Parenti, yang tinggal di Milan.

Baca Juga: Bubarkan Pesta Pernikahan dan Semprot Para Tamu Undangan dengan Disinfektan, Para Polisi Mulai Bersikap Tegas Guna Melawan Covid-19

"Kami pergi ke luar berkata, 'Ini hanya flu. Kami mengerti lantas mengapa kita harus khawatir?'"

"Tetapi masalahnya, kami tidak menyadari betapa sedikitnya yang kami tahu," ungkapnya.

Anggapan meremehkan seperti itu menurut Parenti kini seakan menjadi bumerang.

Baca Juga: Sama Sekali Tak Punya Gejala, Aktor Tampan Ini Ungkap Cara Bisa Tahu Kalau Dirinya Terjangkit Virus Corona: Gue Merasa Sehat-sehat Aja!

Sebab orang-orang Italia membuat asumsi yang saat ini membuat tidak hanya diri sendiri yang terancam, tetapi juga orang lain.

Saat menggarap video tersebut, Parenti juga bekerjasama dengan A Thing By.

Dia mendapat ratusan video untuk proyek sederhana ini, dan dia mengeditnya dalam waktu semalam saja.

Baca Juga: Pulang Kampung ke Australia Saat Virus Corona Mewabah, Melaney Ricardo Khawatirkan Tyson Lynch dan Minta Doa: Semoga Tyson Bisa Kembali dan Sehat

"Apa yang terjadi jauh lebih buruk daripada yang kamu duga," kata seorang wanita bernama Paola Costa dalam video itu.

"Kamu akan menyadari bahwa meski hanya bisa menghirup udara di rumahmu sendiri, itu adalah sesuatu yang seharusnya kamu syukuri."

Seorang perawat wanita yang bekerja di rumah sakit Italia mengaku kini harus menghadapi shift yang mengerikan.

"Kami menganggapnya enteng," tambah perawat itu.(*)

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Kematian Pasien Covid-19 di Italia Tertinggi di Dunia Gara-gara Warganya Remehkan Virus Corona

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : BangkaPos

Baca Lainnya