Jangan Lagi Sepelekan Virus Corona Jika Tidak Ingin Indonesia Bernasib Seperti Italia 10 Hari ke Depan

Sabtu, 21 Maret 2020 | 15:00
Tangkapan Layar YouTube

Jangan Lagi Sepelekan Virus Corona Jika Tidak Ingin Indonesia Seperti Italia 10 Hari ke Depan

GridStar.ID-Makin hari, kasus positif virus Corona di Indonesia makin bertambah drastis.

Bahkan hanya dalam waktu di bawah 1 minggu, pertambahan orang yang terinfeksi virus Corona meningkat hingga ratusan orang, lho!

Berdasarkan data dari Kompas, per tanggal 19 Maret 2020 aja sudah ada 309 kasus positif, 25 orang meninggal, dan 16 orang telah sembuh.

Baca Juga: Aktor Detri Warmanto Positif Virus Corona Usai Pergi ke Arab Saudi dan Bali, Gejalanya Sepele: Pernah Ngerasa Kayak Masuk Angin Sedikit Tapi Besoknya Hilang

Namun selang sehari, yaitu di tanggal 20 Maret 2020 angkanya sudah meningkat drastis menjadi 369 orang kasus positif, bertambah 17 orang sembuh, dan 32 orang meninggal!

Indonesia bahkan jadi negara paling cepat pertumbuhan virus Corona di wilayah ASEAN, lho!

Ngaku aja, mungkin banyak dari kita masih berpikir kalau virus Corona ini cuma virus flu biasa.

Baca Juga: 6 Pasien Covid-19 Meninggal Dunia per Hari, Mayat Korban Virus Corona di Italia Dipasangi Masker, Keluarga Tak Boleh Melayat: Mereka Mengubur Hanya dengan Doa dari Pendeta

Akhirnya kita malah masih berpergian ke mal atau tempat keramaian lainnya, walaupun sebenarnya sekolah sudah menetapkan untuk kita belajar dari rumah, nih.

Kita memutuskan untuk mengambil kesempatan ini buat berlibur, bukan benar-benar mengisolasi di rumah dan melakukan social distancing dengan tepat.

Ini semua karena kita sangat menyepelekan virus Corona.

Baca Juga: Terungkap! Ternyata Golongan Darah Inilah yang Paling Resisten dan Paling Rentan Terhadap Virus Corona Menurut Penelitian di China

Namun, video dari orang Italia ini bakalan langsung menampar kita, deh.

Sekelompok orang yang tinggal di Italia membuat video singkat berdurasi 3 menit yang menceritakan tentang kondisi di Italia sekarang dan pesan yang ingin disampaikan mereka ke diri mereka sendiri 10 hari sebelumnya.

Berdurasi 3 menit penuh makna.

Baca Juga: Bakal Lakukan Tes Masal, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Corona Sebut 600.000 hingga 700.000 Orang Berisiko Tertular Berdasar Hitungan Data

Video ini merupakan potongan video dari sekelompok orang Italia dengan subtitle Inggris yang bisa kita baca.

Di awal, mereka memulai video untuk menyapa diri mereka sendiri dari 10 hari sebelumnya.

Lalu salah satu cewek mengatakan bahwa 'huge mess' (kekacauan besar) bakalan terjadi!

Baca Juga: Nyinyiri Puluhan Influencer yang Peduli Soal Virus Corona, Roy Suryo Sebut Mereka Nggak Bisa Apa-Apa, Warganet Komentari Pedas: Bapak Bisa Apa? Nilep Duit Inventaris?

Mereka mengaku kalau dulu mereka benar-benar menyepelekan virus Corona, menertawakan orang yang memakai masker, dan bahkan enggak menghiraukan saran orangtua buat beli masker.

Ada juga yang dengan sepelenya malah pergi kerja, makan bersama teman-teman, ke gym, ke salon, dan tempat serta aktivitas lainnya.

Namun, semuanya ketika semua orang melakukan hal yang sama, yaitu menyepelekan virus Corona, malah yang terjadi adalah penyebaran virus Corona jadi meningkat drastis!

Baca Juga: Tak Ada Riwayat ke Luar Negeri, Anak Laki-Laki, Asisten Pribadi, dan Sopir Tjahjo Kumolo Positif Virus Corona, sang Menteri: Mohon Doanya

Dalam pernyataan seorang cowok, cuma dalam waktu 10 hari aja, orang yang terinfeksi virus Corona meningkat hingga hampir 10 kali lipat, dari 2.000 menjadi 18.000 orang!

Gara-gara hal tersebut, mereka akhirnya mengisolasi diri di rumah, rumah sakit penuh dengan orang sakit Corona, bahkan banyak banget anak-anak muda yang terinfeksi virus Corona.

Mereka menyarankan untuk enggak keluar rumah. Kalaupun harus keluar, pastikan untuk hanya melakukan hal yang benar-benar penting dan mendesak, karena jangan pernah mempertaruhkan kesehatan kita.

Baca Juga: Bak Jatuh Tertimpa Tangga, Bukannya Kebal dari Virus Corona Para Warga di India Jatuh Sakit Usai Pesta Rakyat dengan Jamuan Urine Sapi, Nekat Tenggak Berjamaah karena Dipercaya Sembuhkan Covid-19

Pada awalnya kita bakalan merasa bosen dan bisa 'gila, tapi semua ini bakalan lewat kalau kita tetap di rumah dan mencegah penyebaran Corona makin masif.

Kita bisa lakukan banyak hal kok. Salah satu cowok bahkan sampai menyebutkan macam-macam hal yang bisa kita lakukan, seperti istirahat, membaca, nonton film, nonton TV, bahkan belajar gitar (benar-benar belajar gitar hingga mahir).

Yuk bareng-bareng cegah penyebaran virus Corona dengan lakukan social distancing secara tepat, sesimpel enggak keluar dari rumah, Stay safe! (*)

Artikel ini sudah pernah tayang di CewekBanget,id dengan judul "Terjadi di Italia, Ini yang Mungkin Terjadi 10 Hari ke Depan Kalau Masih Sepelekan Corona"

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : YouTube, cewek banget.id

Baca Lainnya