Follow Us

3 Bulan Berturut-Turut, Golongan Ini Akan Diantar Langsung Bansos Pangan Ramadan 2023 ke Rumah

Rahma - Minggu, 26 Maret 2023 | 05:01
Bansos pangan ramadan
Tribunnews

Bansos pangan ramadan

GridStar.ID - Bantuan sosial atau bansos beras akan diberikan kepada keluarga penerima manfaat atau KPM awal bulan April 2023.

Dikabarkan bahwa akan ada sebanyak 21.353.000 penerima manfaat yang akan mendapatkan bansos pangan Ramadhan 2023.

Data penerima manfaat bansos Ramadhan 2023 merupakan data penerima yang namanya sudah tercatat di dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS.

Dilansir dari Tribun Pontianak, bansos yang menjelaskan bahwa bantuan sosial atau Bansos yang diberikan oleh pemerintah berupa beras, daging ayam, dan telur akan diantarkan langsung ke rumah penerima manfaat atau KPM.

Diketahui bahwa penyaluran Bansos pangan akan dilakukan secara bertahap sampai sebelum lebaran 2023.

Kementerian Sosial atau Kemensos sudah menyerahkan data penerima bansos pangan yang akan mendapatkan bantuan berupa beras 10 kg, daging ayam, dan telur yang akan disalurkan kepada penerima manfaat selama 3 bulan.

Menteri Sosial yaitu Tri Rismaharini mengatakan bahwa telah menyerahkan data tersebut.

Jadi untuk para penerima bantuan PKH dan BPNT sudah dipastikan akan mendapatkan bantuan pangan Ramadhan 2023.

Namun ada beberapa golongan yang tidak akan mendapatkan Bansos pangan, seperti jika di dalam kartu keluarga terdapat anggota keluarga yang menjadi pegawai negeri sipil atau PNS, KPM yang meninggal dunia, dan terakhir golongan yang sudah tidak layak untuk mendapatkan bansos dikarenakan bekerja migran atau bekerja di luar negeri.

Menurut Direktur Jenderal Anggaran yaitu Isa Rachmatarwata, seharusnya bantuan sosial atau bansos pangan Ramadhan 2023 ini sudah mulai disalurkan kepada para penerima manfaat diperkirakan pada awal puasa Ramadhan 2023.

Baca Juga: Anti Ribet! Keluarga Penerima Manfaat Bisa Cairkan Dana Bansos di PT Pos dan ATM Terdekat, Bahkan Diantar Sampai Rumah!

Bansos pangan Ramadhan 2023 ini akan diberikan kepada penerima manfaat sebanyak 3 kali dan dana yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk Bansos pangan berupa beras sebanyak 7,8 triliun.

Sedangkan untuk Bansos pangan Ramadhan 2023 berupa daging ayam dan telur, pemerintah mengeluarkan dana sekitar 450 miliar, jadi total pengeluaran pemerintah untuk Bansos pangan berupa beras, daging ayam, dan telur sebanyak 8 triliun.

Nah itu dia informasi mengenai jadwal penyaluran bantuan sosial atau Bansos Ramadhan pada tahun 2023 yang akan diantar langsung oleh petugas POS ke rumah dari keluarga penerima manfaat atau KPM paling lambat awal bulan April 2023. (*)

Editor : Rahma

Baca Lainnya

Latest