Follow Us

Anti Ribet! Keluarga Penerima Manfaat Bisa Cairkan Dana Bansos di PT Pos dan ATM Terdekat, Bahkan Diantar Sampai Rumah!

Tiur Kartikawati Renata Sari - Minggu, 19 Maret 2023 | 15:02
Ilustrasi Bansos
dok.Tribunnews

Ilustrasi Bansos

GridStar.ID - Kabar gembira, bansos dari Kementerian Sosial dan Kementerian BUMN akan disalurkan ke rekening penerima dan PT Pos.

Bansos PKH dan Bantuan Pangan Non Tunai ini disalurkan melalui Himpunan Bank Negara dan PT Pos Indonesia.

Sudah ketuk palu, pihak Kemensos mengungkap pencairan dana secara cash bisa dilakukan di ATM terdekat dan juga Pos terdekat.

Penyaluran ini diharapkan bisa meningkatkan keuangan inklusif bagi masyarakat khususnya bagi masyarakat yang rentan, berpenghasilan rendah, dan penyandang disabilitas.

Selain itu, menurut Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, penyaluran cash ini akan mempermudah masyarakat dalam memanfaatkan bantuan.

"Ini diharapkan masyarakat lebih cepat menggunakan dananya untuk keperluan sehari-hari," ujarnya.

Sebab, masyarakat tak perlu lagi mencari warung untuk menukar bahan pokok.

Dana yang sudah cair bisa langsung digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Penyaluran ini juga dinilai bisa lebih tepat sasaran.

"Masyarakat, yang selama ini, mungkin sulit untuk berjalan ke cabang mungkin kurang informasi, akan dijadwalkan pegawai PT Pos ke rumahnya masing-masing. Dengan data biometric, termasuk foto sehingga makin tepat sasaran," imbuhnya.

Selain itu, PT Pos juga bisa melakukan door to door untuk mengantar langsung ke KPM lansia, penyandang disabilitas, dan masyarakat di kawasan 3T.

PT Pos akan menjangkau 83 kabupaten/kota, sedangkan Himbara dan BSI akan menyalurkan bantuan di 431 kabupaten/kota. Penyaluran ini menargetkan 10 juta KPM PKH dan 18,8 juta KPM BPNT.(*)

Baca Juga: Syarat hingga Cara Daftar Bansos BPJS Kesehatan PBI, Tak Perlu Bayar Iuran Tiap Bulan Tetap Bisa Berobat Gratis!

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular