Follow Us

Sambut Ramadan 2023, Cek Lokasi dan Jadwal Penukaran Uang Baru untuk THR Lebaran

Nadia Fairuz Ikbar - Rabu, 22 Maret 2023 | 10:02
Ilustrasi uang rupiah
dok.iStock

Ilustrasi uang rupiah

GridStar.ID - Menjelang bulan Ramadhan, Bank Indonesia menyiapkan Rp 195 triliun uang baru untuk mencukupi kebutuhan masyarakat yang tersebar di 5.066 titik di seluruh Indonesia.

Adapun lokasi penukaran uang tersebar di beberapa lokasi keramaian, mencakup pasar, mesjid, hingga rest area.

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim mengatakan, beberapa lokasi untuk penukaran uang berada di tempat keramaian, seperti terminal, stasiun, pasar, hingga ke masjid.

Sementara itu, untuk di wilayah 3T, akan dilakukan di daerah Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan beberapa daerah pesisir lainnya. Selain itu, di beberapa jalur mudik juga tersedia, seperti di Jakarta KM57 dan rest area.

Ada juga di wilayah rest area di Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung hingga Sumatera Selatan.

Ini juga termasuk di titik-titik penyebrangan yang ramai seperti di Pelabuhan Merak, Bakahueni, Ketapang, Banyuwangi, Mataram, dan Batam.

“Khusus Jabodetabek, kita menyiapkan 599 titik oleh perbankan, dan kita mengadakan kas keliling di terpadu di seluruh Indonesia. Di DKI Jakarta, termasuk beberapa titik, dari 16 bank yang kita lepas seperti di Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, hingga Kepulauan Seribu,” ujar Marlison.

Sementara itu, untuk layanan penukaran uang di Masjid, tersedia di masjid Hasyim Asy-ari, Istiqlal, At-tin, Islamic Center, Al-Azhar.

Layanan kas keliling tersebut akan dimulai pada 3-14 April 2023, untuk di Jabodetabek akan dimulaipada 27 Maret hingga 20 April 2023.

Baca Juga: Sambut Ramadan 2023, Cek Jadwal dan Lokasi Tukar Uang untuk Salam Tempel dan THR Lebaran

Untuk layanan di Jabodetabek, yang berada di Pasar Kopro, Pramuka, Rawa bening, Slipi, Koja, Tebet, Bogor, Karawang, dan Kepulauan Seribu, kas keliling akan ada mulai 27 Maret-20 April 2023.

Sementara di Rest Area KM57 akan tersedia padsa 15-19 April 2023, dan untuk di Parkir Timur Gelora Bung Karno tersedia pada 809 April 2023.

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular