Follow Us

Perbedaan SatuSehat Mobile dari PeduliLindungi, Bisa Cek Diagnosa Pasien hingga Data Alergi, Canggih!

Tiur Kartikawati Renata Sari - Selasa, 28 Februari 2023 | 12:03
Scan Barcode PeduliLindungi tanpa takut kartu vaksin hilang
(ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA )

Scan Barcode PeduliLindungi tanpa takut kartu vaksin hilang

GridStar.ID - Aplikasi "PeduliLindungi" yang sudah 3 tahun terakhir digunakan selama pandemi Covid-19, akan berganti nama dan bertambah fungsinya.

Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Setiaji mengungkapkan aplikasi PeduliLindungi akan berubah nama menjadi aplikasi "SatuSehat Mobile".

"Kami sedang transisi PeduliLindungi menjadi Satu Sehat.

Kami akan meluncurkan, mudah-mudahan, akhir 28 Februari kami akan meluncurkan menjadi Satu Sehat Mobile," kata Setiaji, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Antaranews Sumbar, Jumat (17/2/2023).

Aplikasi PeduliLindungi akan berganti nama dan fungsi menjadi aplikasi SatuSehat Mobile mulai tanggal 28 Februai sesuai target dari Kemenkes.

Terkait perubahan ini, Kemenkes mengimbau masyarakat untuk tidak menghapus atau uninstall PeduliLindungi, karena hanya berganti nama dan fungsi saja.

Kedepannya, aplikasi SatuSehat Mobile menjadi aplikasi kesehatan umum yang memudahkan masyarakat dan tenaga medis, bukan hanya berkaitan dengan Covid-19.

Terutama terkait rekam medis pengguna, seperti rekam vaksinasi, hasil pemeriksaan laboratorium, hingga basis data stunting.

Selain rekam medi, SatuSehat juga terintegrasi dengan apotek hingga rumah sakit di berbagai daerah.

Menkes menargetkan untuk menyatukan 32 rumah sakit daerah, puskesmas, laboratorium, dan apotek untuk terintegrasi di akir tahun 2023.

Harapannya, semua rumah sakit daerah dan swasta juga sudah terkoneksi di tahun 2023.

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

Latest