Follow Us

Begini Kondisi Diffuse Axonal Injury yang Dialami David Usai Dianiaya MDS hingga Koma, Dokter: Kerusakan sampai ke Pusat Otak

Tiur Kartikawati Renata Sari - Sabtu, 25 Februari 2023 | 12:02
David dan Mario Dandy Satrio
kolase Tribunnews

David dan Mario Dandy Satrio

GridStar.ID - David yang merupakan korban penganiayaan oleh Mario Dandy, pengendara Rubico yang juga anak eks pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementrian Keuangan (Ditjen Pajak Kemenkeu), saat ini masih tak sadarkan diri dan terkena diffuse axonal injury.

Hal tersebut diungkapkan Ahmad Taufiq yang merupakan Anggota Bidang Cyber dan Media PP GP Ansor yang sekaligus rekan ayah korban.

"Menurut Dokter bahwa ananda David kena diffuse axonal injury," ujarnya, saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (24/2/2023).

Taufiq juga mengungkapkan jika kondisi tersebut disebabkan oleh benturan keras seperti kecelakaan motor berkecepatan tinggi dan mengakibatkan pada trauma mendalam di otak.

Untuk mendapatkan perawatan intensif, korban tela dipindahkan ke Rumah Sakit Mayapada Kuningan sejak Rabu (22/2/2023) malam.

Apa itu diffuse axonal injury?

Menurut Spesialis Bedah Saraf dari Rumah Sakit St. Elisabeth Semarang, Jawa Tengah, Christian Beta Kurniawan, diffuse axonal injury adalah cedera mikroskopis pada sel saraf otak terutama pada salah satu bagian yang disebut akson.

Kondisi tersebut terjadi secara diffuse atau menyeluruh pada sebagaian besar jaringan otak.

"Terjadi karena ada trauma atau cedera kepala," ujarnya, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (24/2/2023).

Christian juga mengungkapkan, jika cedera kepala bisa terjadi karena kecelakaan lalu lintas, jatuh dari ketinggian atau akibat benturan lain pada bagian kepala yang umumnya mengalami gangguan kesadaran bahkan koma.

Hilangnya kesadaran dapat berlangsung beberapa hari, minggu, hingga beberapa bulan, tergantung tingkat keparahannya.

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular