Follow Us

Angin Segar! Bakal Disubsidi, Tarif LRT Jabodetabek akan Diumumkan April 2023

Nadia Fairuz Ikbar - Jumat, 20 Januari 2023 | 09:02
Kereta LRT Jabodetabek
Kompas.com

Kereta LRT Jabodetabek

GridStar.ID - Lintas Rel Terpadu, atau yang biasa disingkat LRT merupakan salah satu sistem Kereta Api Penumpang yang akan segera beroperasi di wilayah perkantoran Jabodetabek.

Mengutip dari Kompas.com, Kepala Divisi LRT Jabodetabek Mochamad Purnomosidi mengatakan jika perantara masih belum dapat memastikan berapa kisaran tarif LRT Jabodetabek.

Purnomo menyebutkan, permintaan sudah mengusulkan tarif LRT Jabodetabek yaitu Rp 5.000 untuk jarak terdekat, untuk jarak terjauh Rp 25.000.

Sementara itu, ditambah, tarif LRT Jabodetabek rata-rata Rp 15.000.

“Ada progresif, jadi ada tarif rata-rata, jadi jarak terjauhnya kira-kira kalau yang kami usulkan ya yang belum ditetapkan adalah mungkin kira-kira Rp 24.000 - Rp 25.000 untuk jarak terjauh,” kata Purnomo saat ditemui di Gedung OCC PT KAI Divisi LRT Jabodetabek, Tambun, Bekasi, Selasa (17/01).

Purnomo mengatakan, pemerintah akan memberikan subsidi untuk LRT Jabodebek. Besaran subsidi tersebut, kata dia, akan mempengaruhi tarif LRT Jabodebek yang resmi.

"Kami sedang menunggu penetapan dari pemerintah dari Kementerian Perhubungan karena hal ini terkait dengan subsidi besar yang akan diberikan pemerintah kepada operasional LRT," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Manager Humas LRT Jabodebek Kuswardojo mengatakan, tarif LRT Jabodebek akan diumumkan Kemenhub pada April 2023 mendatang.

“Kemungkinan akan disampaikan Kemenhub di bulan April,” kata Kuswardojo.

Baca Juga: Mengenal LRT Jabodetabek: Jadwal, Harga Tiket, hingga Daftar Stasiun

Kuswardoyo mengatakan, pembelian tiket LRT Jabodebek akan lebih mudah yaitu dengan menggunakan kartu uang elektronik yang banyak digunakan penumpang saat ini.

Meski demikian, katanya, LRT Jabodebek akan mengeluarkan kartu khusus untuk akses masuk kereta seperti kartu akses KRL Commuter.

"Nanti kedepannya kartu uang elektronik apa pun bisa digunakan untuk tapping di LRT. Bisa terintegrasi dengan transportasi umum lain juga. Kemungkinan ke depan kita buat (kartu multi trip LRT) tapi sementra ini untuk mempermudah bisa menggunakan kartu yang ada," ucap dia.

(*)

Editor : Hinggar

Baca Lainnya

Latest