Follow Us

Geger Soal Kecurangan Tes Rekrutmen BUMN, Erick Thohir Beri Kecaman: Yang Terlibat akan di-Blacklist!

Nadia Fairuz Ikbar - Rabu, 18 Januari 2023 | 11:02
Erick Thohir
Kompas.com

Erick Thohir

GridStar.ID - Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan segala bentuk praktik kecurangan yang terjadi dalam proses Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) akan ditindak tegas, karena sangat bertolak belakang dengan nilai-nilai AKHLAK yang menjadi core values Kementerian BUMN.

Dikutip dari Kompas.com, Erick Thohir menegaskan jika peserta yang terbukti curang dalam mengerjakan Rekrutmen Bersama BUMN bakal segera ditindak tegas karena merupakan perbuatan yang tidak terpuji.

“Saya menerima laporan ada sejumlah peserta yang melakukan kecurangan saat mengerjakan soal ujian. Tentu ini perbuatan tidak terpuji, saya minta mereka yang terbukti curang berdasarkan tangkapan sistem teknologi digital Kementerian BUMN untuk ditindak tegas,” ujar Erick dalam siaran pers Senin (16/01).

Erick Thohir menambahkan dia telah menerima laporan dari Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata, bahwa ada sejumlah peserta yang tertangkap oleh sistem melakukan kecurangan itu.

Bahkan, dia mendapat laporan adanya indikasi perjokian dalam praktik ujian tersebut.

“Saya minta kepada Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi untuk melakukan investigasi secara seksama. Jika terbukti tindakan itu melanggar hukum, maka jangan segan melaporkannya ke penegak hukum. Jika terbukti bersalah, yang bersangkutan akan kami blacklist di BUMN,” lanjut Erick.

Mantan Presiden Inter Milan itu mengatakan, para peserta ujian Rekrutmen Bersama BUMN yang umumnya generasi muda itu, sebaiknya menanamkan sikap jujur dan amanah sejak awal.

Praktik curang adalah benih sikap yang buruk dan tidak sejalan dengan nilai agama dan budaya, serta juga merusak pembangunan karakter bangsa.

“Kita menghadapi tantangan global yang membutuhkan generasi muda yang mau bekerja keras serta dipandu etika kejujuran sebagai dasar sikap profesionalisme. Mereka yang curang sudah gagal di tahap paling awal. Semoga mereka tidak mengulangi lagi perbuatannya kelak di mana pun juga,” lanjutnya.

Baca Juga: Cek Pengumuman Tes Bahasa Inggris Rekrutmen Bersama BUMN 2022 di Sini

Merespon hal tersebut, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata mengatakan bahwa pihaknya telah menerima laporan aktivitas perjokian dalam sebuah grup aplikasi pesan singkat berkedok bimbingan belajar.

“Berdasarkan penyelidikan, kami mengidentifikasi 39 nama yang tergabung dalam grup tersebut, otomatis seluruhnya gugur, dan bukan hanya digugurkan namun juga kami blacklist agar ke depannya tidak dapat mengikuti seluruh program lainnya yang dilakukan Kementerian BUMN dan BUMN,” ujar Tedi.

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

Latest