Follow Us

BPJS Checking, Cara dan Syarat Klaim Kacamata dengan BPJS Kesehatan

Nadia Fairuz Ikbar - Senin, 16 Januari 2023 | 17:03
Cara klaim Kacamata dengan BPJS Kesehatan
istockphoto

Cara klaim Kacamata dengan BPJS Kesehatan

GridStar.ID - Peserta BPJS Kesehatan yang aktif dapat mengajukan klaim kacamata secara gratis. Pengambilan kacamata bisa dilakukan di optik yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Lantas, bagaimana cara klaim kacamata BPJS Kesehatan 2022?

Prosedur atau cara klaim kacamata BPJS Kesehatan 2022 penting untuk diketahui. Terutama bagi peserta JKN-KIS yang ingin mendapatkan kacamata baru.

Cara klaim kacamata BPJS 2022 sendiri cukup mudah dilakukan apabila peserta sudah memahami prosedurnya dengan benar.

Klaim kacamata BPJS Kesehatan sendiri diatur dalam Peraturan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Prosedur Penjaminan Pelayanan Refraksi dan Kacamata pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dalam Program Jaminan Kesehatan.

Pasal 8 dalam peraturan tersebut menyebutkan peserta yang membutuhkan kacamata, dapat membawa resep kacamata dari dokter FKTP ke optikal yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Selanjutnya, optikal memberikan kacamata kepada peserta sesuai dengan resep kacamata dari dokter FKTP. Pemberian kacamata mengacu pada kriteria penjaminan dalam sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Cara klaim kacamata BPJS 2022

Secara lebih rinci, berikut tahapan-tahapan cara klaim kacamata BPJS 2022 yang bisa Anda ikuti:

1. Datang ke Faskes Tingkat I

Sebelum melakukan klaim kacamata, peserta dapat mendatangi fasilitas kesehatan 1 atau Puskesmas atau klinik terdekat sesuai dengan yang terdaftar di kartu BPJS Kesehatan.

Kemudian, peserta BPJS Kesehatan meminta surat rujukan ke poli mata untuk keperluan pemeriksaan.

Baca Juga: Bisa Sambil Rebahan, Ini Cara Cepat Urus Kartu BPJS Kesehatan Hilang Tanpa ke Kantor Cabang

Source : Kompas.com

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Baca Lainnya

Latest