Follow Us

Ramai Tuntutan Demo Tolak Perppu Cipta Kerja, JHT BPJS Ketenagakerjaan Hanya Bisa Diambil Saat Pensiun?

Tiur Kartikawati Renata Sari - Minggu, 15 Januari 2023 | 19:33
Demo tolak Perppu Cipta Kerja
dok.Kompas.com

Demo tolak Perppu Cipta Kerja

GridStar.ID - Buruh kembali melakukan aksi demonstrasi menetang Perppu Cipta Kerja.

Unjuk rasa ini digelar di kawasan Patung Kuda Monas, Gambir, Jakarta Pusat pada Sabtu, (14/1/2023).

Menurut Presiden Partai Buruh Said Iqbal, ada 38 provinsi dengan jumlah 445 kabupaten/kota yang ikut dalam demo kali ini.

Salah satu isu yang diungkap adalah kekhawatiran JHT BPJS Ketenagakerjaan tidak bisa diklaim sebelum memasuki masa pensiun, benarkah?

Said Iqbal menegaskan, selain penolakan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) tentang Cipta Kerja, dia juga menolak Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU PPSK).

"Kita tolak daripada UU PPSK, soal JHT, yang sudah kita perjuangkan, UU PPSK ini dirampas kembali. Mereka diam-diam di gedung DPR sana membahas ada pasal selundupan, JHT tidak bisa diambil kembali saat sodara di PHK," kata Said Iqbal.

Selain itu, dia juga meminta pemerintah agar mengusut tuntas pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang terjadi di tanah air.

"Kita minta pemerintah mengusut tuntas korban-korban pelanggaran HAM, termasuk yang di Papua dan Aceh, termasuk Marsinah dan Munir, kita pastikan mereka harus merasakan rasa keadilan," tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, massa aksi kali ini, menyampaikan penolakan terkait Perppu Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja.

Menurut Presiden Partai Buruh, Said Iqbal, ada sembilan poin yang menjadi sorotan dalam Perppu Cipta Kerja. Di antaranya soal pengaturan jam kerja, masalah cuti, PHK, hingga terkait pesangon.

"Pesangon, lima PHK, enam pengaturan jam kerja, tujuh pengaturan cuti, delapan tenaga kerja asing, sembilan sanksi pidana yang dihapuskan yang sebelumnya ada di UU Nomor 13 Tahun 2003."

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Baca Lainnya

Latest