Follow Us

Dari Persalinan hingga Pasca Melahirkan, Simak Sederet Perawatan BPJS Kesehatan untuk Ibu Hamil

Dok Grid - Senin, 11 Desember 2023 | 10:36
Ilustrasi ibu hamil
ABC News

Ilustrasi ibu hamil

GridStar.ID - Apakah melahirkan di bidan bisa pakai BPJS Kesehatan? BPJS Checking: Cek prosedur dan ketentuan BPJS untuk melahirkan 2022 berikut ini.

BPJS Checking syarat melahirkan menggunakan BPJS Kesehatan wajib dipenuhi bagi Anda yang ingin mendapatkan salah satu manfaat sebagai peserta BPJS tersebut.

Artikel ini akan menyampaikan ulasan mengenai hal itu, termasuk terkait layanan BPJS Checking melahirkan di rumah sakit dengan BPJS tanpa rujukan.

Aturan BPJS Kesehatan untuk Melahirkan

Saat ini, proses bersalin baik secara normal maupun persalinan dengan operasi tetap ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Untuk mendapatkan pelayanan itu, ibu hamil harus terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan dan mengikuti prosedur berobat yang berlaku.

Itulah hal utama yang berlaku sebagai syarat melahirkan menggunakan BPJS Kesehatan. Tanpa terdaftar sebagai peserta, Anda tidak akan bisa memanfaatkan layanan ini.

Berdasarkan Pasal 18 Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 3 Tahun 2023, terdapat empat pelayanan kebidanan yang ditanggung BPJS Kesehatan dengan tarif non kapitasi, yaitu masa hamil (ante natal care), persalinan, masa sesudah melahirkan (post natal care), dan pra rujukan akibat komplikasi.

Lantas, apa bisa melahirkan di rumah sakit dengan BPJS tanpa rujukan? Apakah melahirkan di bidan bisa pakai BPJS Kesehatan?

Seperti pengobatan penyakit lainnya, pemeriksaan kehamilan dan proses persalinan yang ditanggung BPJS Kesehatan memiliki prosedur yang sama, yaitu melalui sistem rujukan berjenjang.

Baca Juga: Nggak Ribet! Ini Cara Mengecek Denda BPJS Kesehatan Secara Online

Sistem rujukan berjenjang ini mengatur pelimpahan tugas dan tanggung jawab pelayanan kesehatan secara timbal balik yang wajib dilaksanakan oleh peserta jaminan kesehatan atau asuransi kesehatan sosial, dan seluruh fasilitas kesehatan.

Itu sebabnya peserta BPJS Kesehatan termasuk ibu hamil harus mengikuti prosedur berobat yang berlaku.

Source : Kompas.com

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular