Follow Us

Calon Jemaah Haji dan Umrah Wajib Punya Kartu BPJS Kesehatan

Rahma - Senin, 09 Januari 2023 | 17:01
(Ilustrasi) Hanya 2 Kelompok Ini yang Diperbolehkan Lakukan Ibadah Haji oleh Pemerintah Arab Saudi, Siapa Saja?
Tribunnews

(Ilustrasi) Hanya 2 Kelompok Ini yang Diperbolehkan Lakukan Ibadah Haji oleh Pemerintah Arab Saudi, Siapa Saja?

GridStar.ID - Jemaah umrah dan calon jemaah haji wajib terdaftar sebagai peserta program jaminan kesehatan nasional atau BPJS Kesehatan.

Kementerian Agama mewajibkan calon jemaah umrah dan calon jemaah haji khusus terdaftar sebagai peserta program jaminan kesehatan nasional atau BPJS Kesehatan.

Hal ini tercantum dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 1456 tahun 2022 tentang Persyaratan Kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional dalam Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah dan Penyelenggaraan Ibadah Haji Khusus.

Keputusan Menteri Agama tersebut merupakan tindak lanjut Instruksi Presiden (Inpres) nomor 1 tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menilai, adanya kewajiban menjadi peserta BPJS Kesehatan demi mencapai sesuatu yang lebih maslahat bagi jemaah. Yakni terlindunginya jemaah dengan jaminan kesehatan BPJS Kesehatan.

“Ketika itu mempunyai ada jaminan jaminan yang bagus, yang baik untuk kebaikan si jemaah itu sendiri saya kira itu seharusnya bisa diterima,” ujar Ma’ruf, Sabtu (7/1).

Dihubungi secara terpisah, Ketua Umum Serikat Penyelenggara Umrah Haji Indonesia (Sapuhi) Syam Resfiadi mengatakan, BPJS Kesehatan tidak ada kaitan langsung dengan operasional dan proses pelaksanaan umrah.

“Di luar premi yang kita bayarkan ke asuransi perjalanan, itu urusan pribadi antara jemaah dengan BPJS Kesehatan,” ujar Syam saat dihubungi Kontan.co,id, Minggu (8/1).

Menurut Syam, calon jemaah umrah tidak terlalu pusing dengan harga paket umrah.

Ia mengatakan, saat ini stakeholder umrah tengah melakukan penyesuaian menuju new normal.

Baca Juga: Kata-kata Pedas Lenggogeni Faruk bak Sindir Kelakuan Fuji An dan Thariq, Anak Haji Faisal Langsung Jadi Gunjingan Sekeluarga: Diomongin Bersepuluh!

Editor : Rahma

Baca Lainnya

Latest