Follow Us

BMKG Ungkap Fenomena Alam yang Jadi Penyebab Banjir Rob yang Menerpa Pesisir Utara Jawa Tengah

Hinggar - Rabu, 25 Mei 2022 | 09:00
Pemadaman listrik sementara oleh PLN di kawasan terdampak rob di Kota Semaramg, Senin (23/5/2022)
KOMPAS.com/istimewa

Pemadaman listrik sementara oleh PLN di kawasan terdampak rob di Kota Semaramg, Senin (23/5/2022)

GridStar.ID - Masyarakat di pesisir utara Jawa Tengah dikejutkan dengan banjir rob yang datang.

Banjir tersebut dilaporkan merendam beberapa kota yang ada di daerah pesisir utara Jawa Tengah.

Terkait dengan banjir rob yang terjadi di sana, Badan Metorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Semarang mengungkap penyebab terjadinya.

Koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang Ganis Erutjahjo menyebutkan, banjir rob disebabkan adanya Fenomena Perigee atau jarak terdekat bumi dengan bulan.

"Tinggi gelombang di perairan utara Jawa Tengah mencapai 1,25-2,5 meter. Kondisi di akhir bulan Syawal, di mana masa itu adalah mendekati fase puncak pasang.

Pada 23 Mei 2022, pukul 16.00 WIB tercatat tinggi pasang 210 cm," kata Ganis saat dikonfirmasi, Senin (23/5/2022).

Dia mengatakan, banjir rob melanda sejumlah daerah di wilayah pesisir utara Jawa Tengah, yakni Tegal, Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, Kota Semarang, Demak, Pati, dan Rembang.

"Berdasarkan prakiraan pasang surut dari Pushidrosal bahwa hari ini pasang terjadi sampai pukul 17.00 WIB, dan mulai surut pukul. 18.00 WIB. Surut minimum pada pukul. 22.00 WIB," ujarnya.

Ia mengatakan, peringatan dini banjir rob dan gelombang tinggi sudah dikeluarkan oleh Forecaster on Duty untuk wilayah pesisir utara Jawa Tengah pada 23-24 Mei 2022.

"Kepada masyarakat dan instansi yang terkait agar tetap waspada terhadap terjadinya kejadian banjir rob ekstrem yang diprakirakan akan terjadi sampai dengan tanggal 25 Mei 2022," ungkapnya.

Baca Juga: Bak Fenomena Gunung Es, Kasus Positif Covid-19 Omicron Tembus 11 Ribu dalam Sehari, Ahli Epidemiologi Griffith University: Ini Belum Puncak, Jangan Sampai RS Penuh Duluan!

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Rob Menggila di Pesisir Utara Jateng, BMKG Sebut Fenomena Perigee Jadi Penyebabnya

Source : Kompas.com

Editor : Hinggar

Baca Lainnya

Latest