Follow Us

WHO Umumkan Varian Virus Corona XE Ditemukan di Inggris dan Disebut Lebih Menular dari Omicron

Hinggar - Rabu, 06 April 2022 | 12:45
Ilustrasi corona virus
kompas.com

Ilustrasi corona virus

GridStar.ID - Varian baru virus corona kembali muncul.

Varian baru virus corona yang disebut varian XE dilaporkan telah muncul di Inggris.

Menurut NDTV melaporkan pada Minggu (03/04) Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meyakini jika varian XE adalah gabungan dari subvarian dari Omicron BA.1 dan BA.2.

Badan Kesehatan Inggris menyampaikan, varian XE pertama kali terindentifikasi pada 19 Januari 2022, dengan 637 kasus yang sudah teridentifikasi terpapar varian ini.

Lebih menular dari Omicron

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, data awal menunjukkan bahwa varian XE lebih menular dari subvarian Omicron BA.2.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui karakteristik varian tersebut.

"Berdasarkan data awal didapati bahwa kemampuan penularan omikron XE sekitar 10 persen lebih tinggi dari subvarian Omicron BA.2," kata Wiku dalam konferensi pers melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa kemarin.

Sementara itu, Epidemiolog Griffith University, Dicky Budiman mengatakan, bila varian XE memiliki daya tular 10 persen dibandingkan BA.2, maka virus ini 40 persen lebih cepat daripada varian Delta terkait penyebarannya.

"Sekali lagi ini membuktikan bahwa di tengah euforia dunia terhadap pandemi Covid-19, (temuan ini) mengingatkan kembali bahwa kita tidak bisa abai, tidak bisa longgar yang tidak terkendali," kata Dicky kepada Kompas.com, Senin lalu.

Dicky mengemukakan, Inggris merupakan salah satu negara dengan surveillance genomic atau pengawasan genomik yang terbaik.

Source : Kompas.com

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

Latest