Follow Us

Jangan Salah Kaprah, Gejala Omicron Ringan Ternyata Bisa Sembuh Tanpa Minum Obat?

Rahma - Senin, 28 Februari 2022 | 10:31
Ilustrasi flu
kompas

Ilustrasi flu

GridStar.ID - Kasus Covid-19 kembali menunjukkan angka kenaikan sejak akhir tahun 2021.

Hal ini dipengaruhi salah satunya oleh varian Omicron.

Varian Omicron disebut memiliki penularan yang lebih cepat.

Infeksi Covid-19 varian Omicron lebih banyak membuat pasiennya memiliki gejala ringan, dan karena itu banyak yang memilih tidak minum obat.

Tapi, sebenarnya bisakah pasien Covid-19 sembuh tanpa minum obat?

Mengenai perkara ini, Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi M.Epid menegaskan, sebenarnya mengonsumsi obat akan lebih baik daripada tidak sama sekali, dan ini juga berlaku bagi pasien isolasi mandiri (isoman) dengan infeksi Covid-19 bergejala ringan sekalipun.

"Kalau ada obat, ya bagusnya diminum. Kita tahu sebenarnya obat membantu percepatan penyembuhan," kata Nadia kepada Kompas.com, Sabtu (26/02).

Ia menegaskan, bahwa tidak meminum obat sama sekali dan berharap bisa sembuh dengan sendirinya karena bergejala ringan bukanlah pilihan yang bijak untuk diri pasien serta keluarga.

Hal ini dikarenakan, infeksi Covid-19 memiliki potensi risiko perburukan yang bisa terpengaruh oleh banyak sekali faktor risiko internal dan eksternal.

Baca Juga: Sudah Vaksin Booster Jangan Dulu Bernapas Lega, Vaksinasi Dosis 3 Bakal Menurun Efektivitasnya pada Jeda Waktu Berikut

Untuk itu, bantuan konsumsi obat yang sesuai dengan penyakitnya merupakan pilihan terbaik yang bisa dilakukan agar dapat bertahan dari kondisi infeksi virus SARS-CoV-2 ini.

Source : kompas

Editor : Rahma

Baca Lainnya

Latest