Follow Us

Padahal Dulu Banyak Dicari Untuk Dijadikan Obat Pasien Covid-19, IDI Ungkap 5 Obat Ini Disebut Tak Lagi Ampuh, Apa Saja?

Hinggar - Minggu, 06 Februari 2022 | 20:00
Covid-19
kompas.com

Covid-19

GridStar.ID - Beberapa obat diberikan untuk para pasien Covid-19.

Namun kini Ikatan Dokter Indonesia menyebut jika ada 5 obat Covid-19 yang disebut tak lagi ampuh.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban melalui akun Twitternya.

Kelima obat tersebut yakni Ivermectin, Klorokuin, dan Oseltamivir.

Selain itu juga plasma konvalesen dan Azithromycin.

"Untuk Oseltamivir dan Azithromycin itu ada lima perhimpunan profesi yang menyatakan bahwa itu tidak boleh dipakai lagi, di Kementerian Kesehatan (Kemenkes), telah mendengar itu, dan tidak lagi membolehkan pemakaian itu," ujar Zubairi ketika dikonfirmasi Kompas.com, Minggu (06/02).

Adapun lewat akun Twitternya @ProfesorZubairi, ia menjelaskan, Azythromycin tidak bermanfaat sebagai terapi Covid-19 baik skala ringan serta sedang, kecuali ditemukan bakteri selain virus penyebab Covid-19 di dalam tubuh pasien.

Sementara itu, Oseltamivir merupakan obat untuk influenza dan tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan bisa digunakan untuk pengobatan Covid-19.

"Bahkan WHO sudah menyatakan obat ini tidak berguna untuk Covid-19. Kecuali saat Anda dites terbukti positif influenza, yang amat jarang ditemukan di Indonesia," kata Zubairi lewat akun Twitternya.

Baca Juga: Jimin BTS Dinyatakan Sembuh Covid-19 dan Keluar dari Rumah Sakit Usai Operasi Usus Buntu, Cek Juga Sinopsis Drama Korea Our Beloved Summer

Source : Kompas.com

Editor : Hinggar

Baca Lainnya

Latest