Follow Us

Merinding! Detik-detik Kepulan Awan Hitam Penuhi Pemukiman Sekitar Gunung Semeru yang Sepi Penghuni karena Warga Mengungsi Terekam Kamera

Yulia Susanti - Minggu, 05 Desember 2021 | 11:02
Ilustrasi erupsi gunung berapi
M. Rietze/Wikimedia Commons

Ilustrasi erupsi gunung berapi

GridStar.ID - Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur mengalami erupsi pada Sabtu (04/12).Kejadian itu terjadi tepatnya pada pukul 13.30 WIB.Kabar itu juga dikonfirmasi oleh Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Andiani.

Baca Juga: WASPADA! Gunung Semeru Erupsi, Warga Selamatkan Diri dari Kepulan Asap Pekat dan Awan Panas Terekam VideoGunung Semeru mengeluarkan asap pekat berukuran besar.Banyak warga yang berusaha untuk menyelamatkan diri.Awan panas itu mengarah ke daerah Besuk Kobokan.Baca Juga: Berada di Level Waspada, Gunung Semeru Kembali Aktif dan Meluncurkan Awan Panas Guguran dengan Jarak Luncur Sejauh 4,5 KM

Melansir gridHITS.ID, "Erupsi Semeru berupa awan panas guguran, tanggal 4 Desember 2021 pukul 13:30 WIB, diawali dengan laharan.""Tercatat di seismogram Amplitudo maksimum 25 mm durasi masih berlangsung," kata Andiani, saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (12/04).Tak berselang lama kondisi sekitar lokasi kejadian pun menjadi gelap gulita dan sepi.

Baca Juga: WASPADA! Gunung Semeru Erupsi, Warga Selamatkan Diri dari Kepulan Asap Pekat dan Awan Panas Terekam VideoVideo kepanikan warga ini dibagikan di laman instagram @lumajangsatu."Iki sik jam pira ya Allah wis peteng (Ini jam berapa ya Allah sudah gelap).""Sumberwuluh, Candi, peteng kabeh wis (gelap semua sudah)," terangnya.

Instagram/lumajangsatu
Baca Juga: WASPADA! Gunung Semeru Erupsi, Warga Selamatkan Diri dari Kepulan Asap Pekat dan Awan Panas Terekam Video"Gak ana opo-opo, ngungsi kabeh (ngungsi semua) yo, wis," terangnya lagi.Mengeluhkan kondisi setelah erupsi Gunung Semeru, pengendara tersebut bahkan menunjukkan hujan yang disertai abu pekat menempel pada bagian kaca depan mobilnya."Kawasan Kecamatan Pronojiwo - Candipuro kaki Gunung Semeru gelap dikarenakan letusan mengarah ke timur dan tenggara," tulis akun @lumajangsatu.Usia video tersebut viral, doa pun ramai membanjiri kolom komentar akun @lumajangsatu.(*)

Source : GridHits.ID

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

Latest