Follow Us

Nyesel Baru Tahu! Hati-Hati Jika Keluar Rumah, BMKG Beri Tanda Peringatan, Minggu 14 November 2021 Ada 32 Wilayah Diminta Bersiap Hadapi Cuaca Ekstrem

Rahma - Minggu, 14 November 2021 | 13:02
Ilustrasi cuaca ekstrim
Tribunnews

Ilustrasi cuaca ekstrim

GridStar.ID - BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Minggu (14/11).

Seperti yang kita tahu bulan November ini hampir seluruh wilayah di Indonesia diguyur hujan karena memang sejak bulan lalu Indonesia sudah memasuki musim hujan.

Meski sudah banyak yang menanti musim hujan, tapi BMKG tetap merilis peringatan cuaca ekstrem karena semakin hari BKMG melihat curah hujan di Indonesia semakin tinggi.

Baca Juga: Bak Jilat Ludah Sendiri! Nyesel Tolak Cinta Ivan Gunawan, Ayu Ting Ting Nekat Bilang Cinta Usai Sang Desainer Alami Perubahan Ini: Terigun-Igun

Laporan curah hujan yang tinggi ini dapat dilihat langsung pada laman resmi web.meteo.bmkg.go.id.

Sebanyak 32 wilayah berpotensi hujan yang dapat disertai angin kencang, termasuk wilayah Jawa dan Bali.

Bibit Siklon Tropis 92B terpantau di sekitar wilayah Thailand, sirkulasi Siklonik terpantau di Samudra Hindia barat daya Banten, perairan Maluku Utara dan di Laut Cina Selatan sebelah utara Kalimantan yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan angin (konvergensi) yang memanjang di Samudra Hindia barat daya Banten, perairan Maluku Utara sebelah selatan dan dari Maluku hingga Papua Barat.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Pulau Pagai hingga dekat Pulau Enggano, dari Jambi hingga sebelah utara Belitung, dari perairan selatan Banten hingga pesisir utara Subang, perairan selatan Yogyakarta hingga perairan utara Jawa Timur sebelah barat, di Kalimantan Tengah, di Kalimantan Timur sebelah selatan, dari Laut Sulawesi sebelah timur Kalimantan Utara hingga Sulawesi Tengah, dari Sulawesi Barat hingga Sulawesi Tenggara, dari Sulawesi Selatan hingga Sulawesi Tenggara, dari Nusa Tenggara Timur hingga Laut Banda, dan dari Papua bagian tengah dekat perbatasan Papua Nugini hingga Papua bagian utara.

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar bibit siklon tropis, sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu! Ternyata Tak Perlu Obat Tidur, Lakukan Hal Mudah Ini untuk Hindari Insomnia hingga Lelap Sampai Pagi

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah:

Halaman Selanjutnya

• Riau
1 2 3 ... 5

Source : tribunnews

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular