Follow Us

Nyesel Baru Tahu! Jangan Dulu Lengah, Efektivitas Vaksin Covid-19 Turun Drastis Setelah 6 Bulan, Apa yang Harus Dilakukan?

Rahma - Senin, 08 November 2021 | 21:01
Ilustrasi Vaksin Covid-19
iStockphoto

Ilustrasi Vaksin Covid-19

GridStar.ID - Penelitian seputar virus corona terus dilakukan.

Termasuk perkembangan tentang vaksin Covid-19.

Efektivitas vaksin Covid-19 yang diproduksi oleh Pfizer-BioNTech, Moderna, dan Johnson & Johnson disebut turun drastis ketika varian Delta melanda Amerika Serikat.

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu! Raffi Ahmad Blak-blakan Belum Siapkan Nama untuk Anak Keduanya, Tanggal Caesar Nagita Slavina Bocor

Hal tersebut diungkapkan dalam sebuah penelitian terhadap hampir 800.000 veteran.

Melansir WebMD, Jumat (05/11), penelitian ini dilakukan oleh tim peneliti dari Public Health Institute di Oakland, peneliti dari Veterans Affairs Medical Center di San Francisco, serta tim peneliti di University of Texas Health Science Center.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Science tersebut menemukan, bahwa tiga vaksin yang menawarkan perlindungan terhadap virus corona varian Delta saat pertama kali terdeteksi di AS Maret lalu, tingkat efektivitasnya berubah atau menurun enam bulan kemudian.

Peneliti mencatat, dua dosis vaksin Moderna menurun tingat efektivitasnya.

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu, Hasil Tes SKD CPNS Sudah Diumumkan, Berikut Jadwal Tes SKB Tahap 1 untuk Peserta yang Lolos

Dari yang sebelumnya 89 persen efektif pada bulan Maret, menjadi 58 persen efektif pada bulan September.

Sementara itu, vaksin Pfizer-BioNTech berubah dari 87 persen efektif menjadi 45 persen efektif selama periode waktu yang sama.

Begitu pula pada vaksin Johnson & Johnson yang menunjukkan penurunan terbesar, yakni dari efektivitas sebesar 86 persen menjadi 13 persen selama rentang waktu 6 bulan tersebut.

Source : kompas

Editor : Rahma

Baca Lainnya

Latest