Follow Us

Ini 5 Fakta Pembatalan Pemberangkatan Jemaah Haji 2021 Asal Indonesia, Bagaimana Nasib Antrean Selanjutnya?

Tiur Kartikawati Renata Sari - Sabtu, 05 Juni 2021 | 22:00
Pembatalan pemberangkatan jemaah haji 2021
dok.TribunKaltim

Pembatalan pemberangkatan jemaah haji 2021

GridStar.ID - Pemerintah mengungkapkan pembatalan pelaksanaan ibadah haji 2021.

Jemaah haji asal Indonesia 2021 tidak bisa berangkat melaksanakan ibadah ke Tanah Suci, Mekkah, Arab Saudi.

Berikut 5 fakta seputar pemberangkatan jemaah haji asal Indonesia.

Baca Juga: Bak Ketar-Ketir Jemaah Haji Asal Indonesia Dilarang Masuk Arab Saudi karena Covid-19, Arie Untung Unggah Kabah: Kalau di Dunia Aja Nggak Mau Ditemuin Kita, Gimana di Akhirat?

1. Alasan pembatalan

Terkait pembatalan keberangkatan Jemaah haji 2021,Pemerintah melalui Keputusan Menteri Agama RI Nomor 660 Tahun 2021 yang ditetapkan pada 3 Juni 2021 menyampaikan sejumlah pertimbangan.

Faktor kesehatan, keselamatan, dan keamanan jemaah haji yang terancam akibat pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia dan Arab Saudi menjadi alasan yang pertama.

Pertimbangan kedua adalah karena Kerajaan Arab Saudi hingga kini belum mengundang pemerintah Indonesia untuk membahas dan menandatangani nota kesepahaman tentang persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021.

Selain itu Arab Saudi juga belum membuka akses layanan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, padahal pemerintah Indonesia memerlukan waktu untuk melakukan persiapan pelayanan jemaah haji.

Yaqut mengatakan pihaknya telah berdiskusi dengan Komisi VIII DPR RI, berkomunikasi dengan para alim ulama, pimpinan-pimpinan ormas Islam, hingga biro perjalanan haji terkait keputusan pembatalan ini.

Baca Juga: Dulu Profesinya Buruh di Pelabuhan hingga Kuli Bangunan, Nasibnya Berubah Drastis Jadi Pelawak Senior, Haji Bolot: Itu Rahasia Tuhan

Halaman Selanjutnya

2. Bukan karena utang
1 2 3 4

Source : kompas

Editor : Grid Star

Baca Lainnya

Latest